6 Jenis Aplikasi Smart Phone yang Biasa Digunakan oleh Traveler

by - 11:11 PM

Tentu saja selain untuk menelepon, sms atau chatting dengan teman ataupun keluarga di rumah, biasanya ada beberapa fitur dan aplikasi yang sengaja di install para pejalan demi kenyamanan waktu mereka travelling. Nah buat mobile traveler kayak saya nih *tsaah*, ada beberapa fitur smartphone bawaan dan aplikasi yang biasa saya pakai sebelum dan selama di perjalanan.

1. Foto




Ah, kalo yang ini sih pasti semua juga menggunakannya dong, apalagi buat yang suka selfie. Selain menggunakan aplikasi foto bawaan si smartphone sendiri, saya juga memiliki beberapa aplikasi foto dan penunjang foto lainnya, seperti Camera 360, VSCOCam dan Pixlr. Kamera smartphone saya tidak memiliki fitur panorama, dulu saya juga sempat memiliki aplikasi untuk foto panorama, namun karena *uhuk* space memory handphone yang agak limited, terpaksa saya uninstall deh. 

Kualitas foto yang dihasilkan kamera smartphone juga udah ga kalah kece dari kamera poket, mirrorless hingga DSLR loh. Coba aja cek kamera smartphone jaman sekarang udah ada yg sampe 41MP loh. Saat ini juga sudah banyak yang menjual perlengkapan tambahan hingga lensa tambahan untuk kamera HP. Lumayan bawaan saat travelling jadi lebih ringan, eh tapi jangan lupa siap-siap batere tambahan atau power bank serta memory tambahan yah.

2. Peta atau Petunjuk Jalan




Ini salah satu aplikasi yang paling sering saya gunakan, jangankan di luar kota atau di luar negeri, di Jakarta aja hampir selalu saya pakai loh. Mulai dari aplikasi Map bawaan handphone hingga aplikasi perjalanan lainnya seperti Waze. Memang ga ada salahnya sih membaca peta kertas konvensional, tapi dengan ukuran peta kertas yang agak besar justru kadang membuat kita kerepotan kan? belum lagi lembaran peta yang tersedia hanya bisa mencakup daerah tertentu saja sedangkan apps di smartphone bisa menjangkau semua tempat. Praktis dan mudah jadinya kan?


Jangankan di luar kota, perjalanan dari rumah ke kantor atau sebaliknya aja saya sering menggunakan aplikasi Navigation untuk mencari jalan-jalan mana saja yang "aman" dilalui sampai ke tempat tujuan heheheheh.

3. Memesan Tiket Pesawat




Karena internet di kantor tidak bisa digunakan oleh semua orang (sediihh). Jadi jalan satu-satunya untuk mengecek info tiket pesawat (apalagi saat ada info promo) tentu menggunakan smartphone. Selain mobile apps maskapai penerbangannya sendiri, saya juga punya mobile apps untuk mencari beberapa penerbangan dengan cepat seperti Skyscanner. Karena kadang kalo desas desus promo sudah mulai santer di media sosial, kita ga bisa nunggu sampai harus pulang kantor dulu buat hunting tiketnya, malah ga kebagian tiket promo nantinya. 

Saran saya supaya lebih cepat cari info promo, coba gunakan dulu aplikasi pencarian tiket pesawat seperti Skyscanner terlebih dahulu. Coba pilih pencarian dengan jangka waktu satu bulan, sehingga kalian bisa melihat pergerakan harga dan ditanggal mana saja ada tiket murah. Setelah sudah mengetahui harga, tanggal dan maskapai yang dimaksud baru deh mencoba pembelian ke aplikasi booking pesawat atau aplikasi maskapai pesawat terbang tersebut.

4. Memesan Kamar Hotel




Aplikasi yang satu ini juga ga kalah penting, karena salah satu poin utama saat akan melakukan perjalanan tentunya mencari tempat menginap kan? Saya sendiri bukan tipikal orang yang go-show terutama untuk masalah penginapan. Ini adalah hal kedua yang saya persiapkan setelah memiliki tiket pesawat, kereta atau setelah membuat rute perjalanan road trip. Masih ingat beberapa artikel saya tentang info memesan hotel dengan www.travelio.com? sebelumnya saya pernah menjelaskan booking hotel via desktop website, kali ini Travelio sudah meluncurkan aplikasi mobile juga loh. Ga tanggung-tanggung langsung 2 aplikasi yang diluncurkan, Travelio dan Hellolio mobile app. Kedua aplikasi tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu aplikasi untuk memesan penginapan, yang membedakan adalah cara booking dan pencarian hotelnya. Penasaran kan? sini saya jelaskan sedikit. 


Penggunaan mobile app Travelio tidak terlalu berbeda dengan apa yang ada di desktop versionnya, salah satu fitur yang berubah adalah tawar-o-meter yang bisa diubah-ubah dengan sentuhan tangan (di web ga bisa diubah pake kursor mouse). Fitur kemudahan booking hotel via Travelio sisanya sama dengan versi desktopnya. Dimulai dari user melakukan pencarian hotel, pemilihan kamar, dan tawar-menawar. Setelah berhasil menawar harga, kamu tinggal mengisi data diri dan melakukan pembayaran, (ingeet kalo harga tawaran masih belum disetujui Lio, cobaa terus sampai dapat, maksimal gagal tawar sehari adalah 10 x). Lama waktu yang diberikan Travelio untuk melakukan pembayaran setelah memilih hotel yang kamu book adalah 20 menit, jika melewatu batas waktu tersebut hotel yang kamu pilih sebelumnya akan ter-cancel secara otomatis.

Pilih-pilih lokasi, tanggal, lama menginap dan jumlah kamar
lalu cari deh hotel yang kamu inginkan

 Kalo penawaran masih belum disetujui, ayoo coba lagi sampai berhasil hihihi
Invoice dan Voucher hotel akan langsung meluncur ke email kamu setelah pembayaran


Mau cek history pemesanan dan tawar-menawar di mobile appsnya juga bisa

Lain Travelio Mobile, lain lagi Hellolio. Aplikasi ini memiliki fitur berbeda dari app booking hotel sejenis lainnya, mobile aplikasi booking hotel ini memiliki konsep seru yaitu chat, book and pay. Kita cuma chat sama CS representativenya aja, tinggal bilang kita mau hotel di daerah mana, kisaran budget kamu berapa nanti langsung dibantu dicarikan. Hellolio bisa ditawar kayak Travelio? Tentu bisa, tinggal chat aja ke CSnya untuk tanya harga yang kalian inginkan bisa didapatkan atau tidak, easy peasy. 

Untuk pembayaran juga langsung dilakukan di layar chat kamu dengan CS, tanpa harus sulit membuka link ke website lagi. CS akan mengirimkan chat yang ketika kamu klik langsung membawa kamu ke layar pembayaran hotelChat yang dilakukan dengan CS yang membantu juga tidak memiliki aturan format pertanyaan khusus kayak sms info bisokp atau sms banking, beneran seperti chat ke teman aja. 


Pilihan membayar untuk kedua aplikasi di atas juga ada banyak, dari menggunakan Kartu kredit, Internet Banking ataupun Bank Transfer.

5. Mencari Tempat Makan




Aplikasi yang ini juga ga kalah penting. Selain agar lebih menghemat waktu, aplikasi mobile restaurant finder juga membuat kita mengetahui tempat-tempat makan apa saja yang lagi hitz di sekitar tempat kita menginap atau tempat yang sedang kita kunjungi. Mobile apps restaurant finder ini juga berguna banget untuk mengecek jenis makanan, harga makanan hingga review makanan dan tempat makanan tersebut. Untuk di beberapa negara lain mungkin kalian harus cek terlebih dahulu aplikasi apa yang paling sering digunakan di sana, tapi kalo masih di sekitar Indonesia saya masih mempercayakan Open Snap dan Zomato (yang ini malah baru Jabodetabek dan Bali)

6. Compass



Aplikasi mobile kompas juga sering saya gunakan, terutama saat akan menentukan arah kiblat. Sebenarnya saya menginstall aplikasi ini karena ada pengalaman buruk saat pertama kali perjalanan keluar negri bareng teman-teman. Ketika itu, saya yang sebenarnya bisa membaca peta menjadi kebingungan sendiri karena tidak bisa menentukan ke mana arah utara dari tempat saya berdiri, hahahaha *odong kan* alhasil perjalanan mencari stasiun MRT aja sampai sedikit memutar terlebih dahulu, tenaangg tetap ga nyasar kok hahahahah. Beberapa teman saya yang memiliki kegemaran mendaki gunung juga biasanya menggunakan aplikasi ini untuk kebutuhan mereka di perjalanan, supaya tidak tersesat.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
I know, confidence level penguna smartphone di Indonesia masih rendah untuk pembayaran dengan kartu kredit via mobile. Secara sinyal kita masih sering up and down, bahaya juga kan kalo sedang transaksi menggunakan kartu kredit tiba-tiba lost connection *noooooo*. Untuk menyiasati hal tersebut, saran saya coba cari mobile apps untuk pesan tiket atau pesan hotel yang memiliki opsi pembayaran via bank transfer. Selain lebih mudah dan aman, opsi tersebut juga jadi solusi untuk teman-teman yang tidak memiliki kartu kredit kan.

*Saat ini kedua aplikasi, Travelio dan HelloLio baru tersedia di Android dan dapat diunduh di Google Play Store

You May Also Like

29 comments

  1. Kak, aku coba download Hello Lio, tapi kok pas dibuka error yah? :((
    padahal seru banget bisa booking hotel tapi tinggal chat hahaahha kayak chat sama temen minta tolong bookingin yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. haiii, akhir-akhir ini aku juga kalo chat suka end-chat sendiri nih, padahal biasanya baik-baik aja :(( mungkin sinyal yang agak-agak

      Apa mungkin sebenernya memory kamu penuh?

      Delete
    2. Atau sinyal yg error? Huhuhu ga bisa download ihh

      Delete
    3. huhuhuh ayooo dicoba lagii :3, coba clear cache aja di setting-storage

      Delete
  2. di smartphone saya cuma kamera dan map,, namanya juga bolang :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihi sekarang kita emang udah dipermudah banget dengan aplikasi Map di smartphone yah kak, jadi ga perlu-perlu banget beli atau bawa map konvensional

      Delete
  3. Gue di HP ada airasia, booking.com, apps fotonya banyaaaakk banget hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhahahaha iyah kalo aplikasi kamera emang ada banyaak bener, Cymera, BB12 lah

      Delete
  4. Yes. Hampir semua ada. Tp gw ga pny kompas, yg ada apps jadwal sholat ... Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah iyaah aku ga punya apps itu, biasanya suka cek pake wifi di hotel/hostel sih, lalu googling heheheh

      Delete
  5. Aku untuk booking Hotel biasa pake Booking.com sama yg baru Hotel Quickly, tapi lucuu banget konsepnya HelloLio, maaauu ah download :)

    Trusted kan yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. trusted kok Diandra, aku sudah coba sendiri, kalo ada apa-apa tinggal hub call centernya aja, pengalamanku kemarin sih justru aku yg di telepon sama call centernya

      Delete
  6. Ihh makin keren aja nih Travelio :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, jadi lebih mudah, sekarang aku tinggal tunggu semoga list hotelnya semakin banyak aja nih

      Delete
  7. kalau saya walaupun bukan traveler yang dibutuhin ya editan foto kaya vscocam ,,hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih aku dulu pernah download VSCOCam tapi HP jadi ngelaq terus dan memory hpnya ga kuat hahahah jadi aku uninstall

      Delete
  8. Replies
    1. aku juga udah uninstall , hp aku kepenuhan om cumm

      Delete
  9. kompas nih belon pernah di donlot hehe

    ReplyDelete
  10. ada beberapa apps foto yang terpaksa di uninstall karena gak cukup huhu

    ReplyDelete
  11. wah boleh juga nih aplikasi nya sis , seperti yang disaran kan oleh gadgetsia.net juga nih , makasih banyak ya sis

    ReplyDelete
  12. hm mungkin aplikasi map buat sebagian orang sudah cukup tanpa aplikasi kompas,, hehe tapi setuju sama deretan aplikasi lainnya

    ReplyDelete

Thank you for leaving a comment :)