[ Travel Habit ] : Food and Snack Hunting

by - 10:49 PM


Saat melakukan perjalanan ke beberapa kota di luar kota asal atau ke negara lain selain mencoba makanan lokal, pernah ga kalian punya mission untuk food hunting makanan tertentu, yang mungkin sebenarnya brand tersebut ada di kota asal kalian, namun di tempat lain varian menunya berbeda? Saya sering melakukan food hunting semacam ini, mulai dari restoran cepat saji sampai ke makanan ringan hasil jajan di 711 (seven eleven) atau mini market serupa. Selain itu, biasanya saya juga hunting ke mini market lokal untuk mencari keripik kentang, permen, ice cream, teh, atau cokelat produksi lokal atau import yang belum pernah saya lihat atau coba sebelumnya. 

It's only me, or there's someone out there do the same thing? 

1. Restoran Cepat Saji




Untuk restoran cepat saji ini, mungkin menjadi pilihan tempat makan pertama saat kebingungan di tengah perjalanan. Eh, tapi kadang saya dan teman-teman juga memang sengaja mampir untuk mengecek menu-menu apa saja yang berbeda dari yang saya temukan di Jakarta. Sejauh ini sih saya paling sering mengunjungi Mc Donalds, KFC, dan Burger King saat di perjalanan.

Dari beberapa McDonald yang saya kunjungi, Dubai, Singapura, Malaysia, Hongkong, sepertinya saya saat itu hanya menemukan menu nasi di McD Hongkong, bahkan ada menu rice wrapnya yang tidak ada di Jakarta dan entah hanya perasaan saya saja atau cheeseburger di Mcd Singapura terlihat lebih besar dari di sini hahahah. Untuk KFC, selain di Indonesia menu KFC di beberapa negara di Asean hampir semuanya masih memiliki menu atau paket nasi. Namun di beberapa daerah nasi yang disajikan sedikit berbeda, misalnya di Singapura dan Malaysia menggunakan nasi hainan, sedangkan di Saigon (Ho Chi Minh City) terdapat menu nasi kari ayam yang surprisingly delicious. 

Ah iyaa, saya juga jadi kebiasaan mengambil gambar logo atau maskot restoran cepat saji tersebut yang berbeda dari yang biasa saya temui di sini, misalnya patung Mcd yang memberi salam di Bangkok dan tulisan arab gundul yang dibaca "Mcdonald" di Dubai.  

2. Kedai Kopi




Untuk yang satu ini, to be honest yang paling sering saya kunjungi adalah Starbucks Coffee shop, bahkan sebelumnya sayaa punya Starbucks Coffee Project sendiri. Biasanya selain mencari tumbler khas kota tempat yang saya datangi, saya ke Starbucks juga untuk melihat-lihat menu makanan yang tidak ada di Jakarta, seperti yang saya temui di Hongkong, di gerai starbucks di daerah Fortress Hill terdapat menu Spinach Muffin, Croque Monsieur dan Muesli yang bisa jadi menu sarapan atau makan-makan centil.

3. Permen


sumber: popsugar.com


Definitely, toko permen macam candylicious akan menjadi tempat tujuan saat mencari oleh-oleh untuk kerabat di rumah. Selain itu, untuk yang belum tahu, saya ini mengkoleksi bungkus permen unik yang berseri, misalnya permen karet Lotte, Alpenliebe dan masih banyak lagi. Jadi begitu melihat supermarket atau minimarket lokal, saya pasti otomatis bergegas ke bagian permen untuk mencari permen dengan gambar lucu pada bungkusnya untuk dibawa pulang. Kalian suka permen apa? Big Babol? Skittles? 

4. Ice Cream




I SCREAM FOR ICE CREAM, karena saya juga sebagai #IceCreamTraveller, makanan penutup yang satu ini sudah menjadi menu wajib yang saya cari di beberapa tempat yang saya kunjungi. Bedanya dengan beberapa makanan lain, menu ini agak sulit dijadikan oleh-oleh *yaiiiyalaahh keburu cair di jalan* dan biasanya saya juga suka icip ice cream dengan varian rasa yang unik. 

Buat yang mau icip ice cream cone Milo atau KitKat bisa dengan mudah dijumpai di seven eleven di Kuala lumpur, Sedangkan untuk di Singapura saya lebih sering icip ice cream lokal yaitu uncle ice cream atau yang terkenal dengan sebutan One Dollar Ice Cream, yang nyatanya saat ini sudah tidak one dollar, tapi one point two dollar ice cream. 

5. Cokelat




Dari semua jenis di atas, sepertinya cokelat yang paling sering saya beli saat melakukan perjalanan. Bisa dibeli untuk oleh-oleh, ataupun disantap, mulai dari Kit Kat bermacam rasa, Pocky (eh ini aku consider cokelat karena biasanya dia biscuit with chocolate dipping, right?). M&M's, Ritter's sport, and many more, you name it :D

Sampai saat ini sih yang favorite banget M&M's, selain kemasannya lebih kecil, kemasannya juga lucu-lucu dan tidak terlalu mudah mencair dibandingkan Kit Kat. Nah kalo berkunjung ke Jepang coba deh cari toko cokelat yang menjual Kit Kat, di negara ini Kit Kat memiliki banyak sekali varian rasa dan biasanya disesuaikan dengan kotanya. Adanya rasa wasabi, orange yuzu, passion fruit, cherry blossom, grilled potato, apple, mango dan masiihh banyak lagi. Sepertinya saya sendiri akan kalap jika berkunjung ke Jepang.

Nah kalo kalian biasa hunting snack atau menu apa?

You May Also Like

40 comments

  1. Gw biasanya kaos hard rock dari setiap kota yang dikunjungi, kecuali kemarin di Jepang cuma sempet beli yg di Tokyo aja :(
    Tapi biasanya titipan sahabat jg gw beliin ; city tumbler-nya Starbuck.

    Btw soal snack sih sebenernya gw ga suka beli-beli buat oleh2 karena menuh2in koper.
    Oiya, baru tau kalo Tokyo Banana ternyata gak halal (gelatin-nya dari lemak babi dan pakai sake juga), jadi kalau buat nanti jadi ke Jepang jgn beliin oleh2 yg muslim itu yah...gw padahal udah sering makan itu kalo dioleh2in temen dan sewaktu disana jg sempet banget ngemilin itu...hiksss

    Just posted: Nostalgia masa kecil di Museum Doraemon | The Traveling Cows

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahh iyaaa, Hard rock juga suka dititipin temen hehehe, nah kalo aku malah koleksi city tumbler :3

      *noted* aku belum pernah nyobain TokyoBanana sih kak, kalo Kitkat masih boleh kan yaaa?

      Delete
    2. KitKat sih kalo dibaca2 masi kontroversi tuh, aku selama belom tau, ya makan ajah...xixixixi

      Delete
    3. aaakkkk :((
      aku suka bangettt kitkat, tapi kemarin baca yg ada translate Englishnya sih katanya lemaknya nabatii :3

      Delete
    4. waahh... ini keren sekali nih banget deh :D

      Delete
  2. Kalau hunting jajanan sampe dibawa pulang sih aku jarang banget~ tapi hunting fast food sama jajanan buat diabisin di tempat mah selalu~ wakakakak

    ReplyDelete
  3. sama kayak Vari, biasanya gw beli tshirt Hard Rock juga, tp dari destinasi yang seru aja sih, males aja kalau beli kaos hard rock di New York secara yang pakai sejuta umat :-))
    tapi kalau gelas sloki nya Hard Rock pasti dibeli sih :-)


    * * *

    The Comic Walls in Antwerp, Belgium

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayoo kalo slokinya Jakarta sudah punya belum kak?
      ahhahha aku seumur-umur belum pernah masih ke Rock Shop yg Jakarta loh, dari yang di EX Plaza sampe sekarang di Pacific Place juga belum pernah

      Delete
    2. Hahaha...akuh punya dong TShirt HRC Jakarta, dari jaman masi di Sarinah Thamrin sampe yg baru di PP pun sudah adaaa... #sokeksis

      Delete
    3. ahhaahahahhaah aku merasa kurang JAKARTA :))
      herann deh ga pernah mampir sekalipun =,=

      Delete
  4. kalo fastfood sih gak hunting ya, cuma biasanya kesitu kalo nyari yang aman baik dari segi rasa maupun harga :D

    lainnya hmmmm....coklaaaat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. COKLAAATTTTT, aku anak POCKY sama KITKAT diittt :3

      Delete
  5. Klo aku nyari tumbler Sbux tapi titipan hahaha..
    emang wajib deh ke supermarket beli snack2 aneh2 gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaahhh, suka ada cokelat lokal yg rasanya atau shapenya aneh-aneh juga kan.
      Ponakan aku juga suka banget cari-cari es krim di minimarket hehehehe

      Delete
  6. Aku orang nya ngak suka makanan pernak pernik macam permen coklat dan sejenisnya. Demen nya cari kuliner lokal, tapi kalo rasa ngak nendang, yaaa ujung2 nya mekdi atau kfc hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahhahahahah ujung2nya emang kaepci mulu yaahh, nyium bau ayamnya dari luar aja udah ga tahan mau makann

      Delete
  7. aku slalu cek KFC tiap pergi ke negara manapun Mei ^o^... dan fav ku ttp KFC Malaysia krn ada dijual cheezy wedges ^o^ doyaaaan bgttttt... aku prnh ngidam itu pas hamil, sampe bela2in k Penang utk beli cheezy wedges KFC ;p Kfc paling g enak sejauh ini kfc Beijing... ayamnya berasa bukan ayam -__-.. ga enak bgt2 pokoknya..

    eh, td baca komennya vari, tokyo banana ga halaaaal???? Aghhhhh, kmrn adikku pulang dr jepang dia bawa itu pdhl -__-. tp aku g doyan sih ama rasanya ;p terlalu manis mnrtku

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pernah ke KFC di Ho Chiminh, ada menu nasi kari ayaamm enaakk masaa :))
      mau coba ke Pizza hut waktu itu, tapi semua staffnya ga ada yg bisa bahasa enggreesss *mak kompyangg*

      Delete
  8. Bagi anda pemilik usaha kuliner yang ingin mencetak maskotnya ke dalam take away box, bisa coba menggunakan box Greenpack. Biaya cetak gratis lho... Terbuat dari bahan foodgrade yang aman untuk makanan serta ramah terhadap lingkungan. Info lebih lanjut bisa kamu cek di sini http://www.greenpack.co.id/

    ReplyDelete
  9. artikel yang anda buat ini menambah inspirasi saya untuk membuat artikel obat asam urat dan rematik yang lebih baik di kemudian hari

    ReplyDelete
  10. It’s an remarkable piece of writing in favor of all the web viewers; they will take advantage from it I am sure. Bye
    Regard from young entrepreneurs
    Tangki Fiberglass
    Jual Septic Tank

    ReplyDelete
  11. terimakasih bos tentang infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  12. makasih gan infonya dan salam sukses selalu

    ReplyDelete
  13. Bagi Anda yang mengalami infeksi rahim, silahkan mengunjungi website kami disini Jika Anda Penderita Infeksi Rahim, Hindari Makanan Ini

    ReplyDelete
  14. Liburan makan apa aja? apapun yang penting enak dan halal acikiwirr

    ReplyDelete
  15. Starbucks look amazing. I love a winters coffe <3

    ReplyDelete
  16. Selamat siang semuanya,
    Jual ginjal dan selamatkan hidup dan dapatkan uang, saya dokter alex dengan nama a
    neughrogist
    dalam Pembelian Ginjal, Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa?
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda
    dapat membayar hutang Anda? Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda
    600,000.00 $ ke atas. Semua donor yang tertarik harus menghubungi tim kami
    informasi lebih lanjut melalui e-mail: dralexspeciallist@gmail.com Atau apa
    aplikasi?
    +2348162029187 Pastikan Anda tidak ragu untuk menghubungi kami sesuka kami
    Yakin pastikan kami bekerja dengan Anda dan juga Kami akan memastikan bahwa Anda
    nikmati berbisnis dengan kami

    Email: dralexspeciallist@gmail.com

    ReplyDelete

Thank you for leaving a comment :)