Hunting Foto di Taman Mini Indonesia Indah

by - 11:15 PM

Mungkin untuk sebagaian teman-teman yang tinggal di Jakarta ada yang merasa Taman Mini Indonesia Indah alias TMII adalah tempat yang membosankan, tempat untuk anak-anak, atau tempat untuk pencinta museum. Mau apapun kata orang, saya selalu punya pendapat sendiri tentang tempat ini. Mungkin saat ini kondisi beberapa anjungan-anjungan provinsinya tidak dalam kondisi prima, beberapa museum ada yang seperti tidak terawat, tapi lagi-lagi tempat ini menarik dan selalu menyenangkan untuk hunting foto. 

Banyak loh spot foto menarik yang apabila diambil dari angle yang baik dapa menghasilkan foto-foto bagus. Bahkan ada beberapa teman yang tidak sadar kalo ini ada di Jakarta, yup hanya di TMII.


Berikut ini beberapa spot menarik untuk foto-foto di dalam TMII


1. Anjungan Provinsi











TMII saat ini memiliki 32 anjungan provinsi, masih kurang 2 (Papua Barat dan Kalimatan Utara) dari jumlah provinsi secara keseluruhan. Di setiap anjungan, selain terdapat rumah adat masing-masing provinsi juga terdapat informasi budaya provinsi tersebut yang dikemas dalam bentuk museum di dalam anjungannya, sayangnya ada beberapa rumah adat yang tidak terawat. Rumah adat di sini dibuat dengan detail, ketika beberapa saat yang lalu saya upload di media sosial, sampai-sampai ada yang percaya saya sedang travelling di kota tersebut.


2. Museum Keprajuritan Indonesia





Ini salah satu spot favorit saya, well sepertinya juga diamini para fotografer untuk pre wedding, karena tempat ini sering banget dijadikan tempat foto pre-wedding. Dimulai dari bentuk museum yang menyerupai benteng, hingga kapal-kapal yang tertambat di danau buatan yang berada di depan museum semuaanya cantik. Sedihnya, isi museumnya sudah banyak yang tidak terawat, saya sempat masuk dari belakang museum dan kebingungan dengan isi museum ini.

3. Istana Anak-anak






Istana anak-anak ini sampai saat ini masih tetap eksis, mungkin karena hampir setiap minggu ada beberapa acara yang diselenggarakan di tempat ini dan ditambah juga wahana permainan anak-anak disekitarnya. Tidak sedikit loh sinetron dan iklan Indonesia yang menggunakan tempat ini sebagai lokasi syuting. Memang sih jika melihat ujung menara istana ini, beberapa dari kita pasti langsung menyadari bahwa tempat ini adalah Istana Anak-anak di TMII. Buat saya sendiri, ini Istana pertama yang saya masuki sebelum Istana Boneka di Dufan hahahahah.


4. Kelenteng Kong Miao









Tempat ini mungkin banyak terlewat dari mata para pengunjung karena letaknya yang agak diujung. Padahal bangunan merah ini sangat eyecatching loh, bahkan saat melintas saja, saya buru-buru minta menepi untuk mampir ke sini. Lokasi ini adalah rumah ibadat agama Khonghucu, saya sendiri sih tidak tahu tempat ini masih aktif digunakan apa tidak. TMII sendiri memiliki banyak rumah peribadatan di lokasi yang cukup berdekatan satu sama lain.


5. Museum Transportasi


Nah selain Museum Prajurit yang saya sebutkan di atas, tempat ini juga menjadi salah satu spot favorit pre-wedding di TMII. Salah satu spot andalannya adalah terowongan kereta api dan pesawat Garuda Indonesia yang berada di bagian depan. Museum ini luas banget, pegel sendiri muter-muter di tempat ini. 

Harga tiket masuk ke Taman Mini Indonesia Indah
Perorangan (3th keatas)  Rp. 10.000
Mobil Rp. 10.000
Motor Rp. 6.000
Sepeda Rp. 1.000

Istana Anak-anak Normal Rp. 10.000 

Museum Keprajuritan Indonesia Rp. 2.500
Museum Transportasi Rp. 2.000

Jadi siap Hunting Foto ke mana lagi minggu ini?


Follow juga akun twitter @geretkoper dan akun Instagram @meidianakusuma untuk info terbaru dan foto-foto seru selama perjalanan.



You May Also Like

26 comments

  1. Lho, taman mini ternyata masih banyak yang kelewat aku eksplore :D berarti apa harus dijadwalin main kesini lagi? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyahh pas kesinian, aku juga baru sadar, ternyata banyak tempat yang keren, kesannya ga biasa *eh wait, apa karena aku jarang ke sini ya?* hahahah

      Delete
  2. seumur2, aku blm prnh ke TMII utk liat2 bgini..kalopun kesana biasanya cm krn dtg k pesta nikahan mei :D.. Cable carnya msh ada ga sih? adikku yg prnh ksana dan naik cable car..trs dr atas ada pulau2 buatan gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. masihh ada, yang monorail juga masih ada,
      tapi kok aku takut yaah mau naik cable carnya *kayaknya ringkih* aku takut kak :)) :))

      Delete
  3. Bertahun2 tinggal di jakarta, dan aku gagal ngak perna ke taman mini

    ReplyDelete
    Replies
    1. astagaaaaaaaaaa yuk, wisata unyu ke sini, tapi nanti kita ikut rombongan tim TK Al Hidayah yahh omcumm :))

      Delete
  4. saya sudah pernah ke TMII tapi cuma ke museum oil gas. cuma kesitu doang terus pulang.
    Ternyata bayak tempat yang keren-keren, harus diagendakan nih mumpung lagi stay di Bogor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yukk kak, keliling TMII, abiss itu bikin agenda lagi rame-rame muterin Bogor yaaaah *maau banget*

      Delete
  5. Karena belum pernah ke sana, bagaimanapun kata orang, kapan-kapan tetep saya pengen ke sana :D

    http://papanpelangi.co/2015/10/23/di-balik-kesulitan-ada-kemudahan/

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iyahh, banyaaak loh temen-temen aku yg belum pernah ke TMII juga. Alasannya cuma gara-gara itu deket atau tempatnya anak-anak

      padahal tetep seru kok (tergantung dari sudut pandang masing-masing sih ya)

      Delete
  6. aku pernah ke jakarta, tapi belum ke taman mini indonesia.. :(

    ReplyDelete
  7. Mau ke sini jugaaaaa.. makasih mbak sudah sharing ...^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama :) dishare yaah foto-fotonya kalo ke TMII

      Delete
  8. Dulu sudah pernah ke TMII tapi tidak sempat keliling ke semua anjungan provinsi dan istana anak-anak. Bagus banget ya, biasanya aku baca juga rekomendasi tempat wisata di Gayahidupku.com

    ReplyDelete
  9. Ternyata banyak spot kece yang ada di TMII.. Bisa jadi rekomendasi ntr kalo ke sana

    ReplyDelete
  10. Sebagai warga jakarta timur, TMII satu2 tujuan wisata keluarga paling murah dan berkesan euy.. :)

    ReplyDelete
  11. Pengen prewedd di TMII terutama di istana anak.. kena biaya brp ya ?? trus kl skalian ke museum transportasi kena biaya brp ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Lisma,
      duh maaf banget kalo untuk harga prewedding saya kurang tau, mungkin lebih baik langsung konfirmasi sama pihak museumnya yah biar dapat info yg pasti :)

      Delete
  12. udh lama gk ke taman mini, dulu pernah sekali dan masih SD..
    jdi pngn kesana lagi :D

    ReplyDelete
  13. Taman Mini Indonesia, kalau ada istana mainum di sana pasti keren. *teringat masa kecil*

    ReplyDelete
  14. siapa bilang itu tempat membosankan, walau saya sendiri ngak pernah kesana tapi kalau lihat di televisi dan dengar cerita teman sepertinya Taman Mini tempat yang sangat menyenangkan

    ReplyDelete
  15. sangat berseni sekali saya sangat suka

    ReplyDelete
  16. Ternyata masih banyak kelewat saya tempatnya, makasih mas infonya, next mau maen kesana lagi.

    DISTRIBUTOR LANTAI VINYL

    ReplyDelete
  17. itulah indonesia, kita bangga punya bangsa yang kaya akan budaya..

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Thank you for leaving a comment :)