Top 5 Street Art Area in Sydney

by - 8:27 PM

Happy New Year, hahahah I know I know It's been a month already but still this is my first article in 2017 so I think it's better to start with New Year greeting.

Agak sedih sebenarnya di tahun 2017, rencana awalnya tahun ini mau balik lagi ke Sydney tapi ternyata musti saya tunda sampai waktu yang belum bisa ditentukan. Di sisi lain saya jadi punya lebih banyak waktu untuk berkumpul dengan keluarga setelah setahun tinggal di Sydney.

Tahun lalu, saya punya ide untuk bikin "Sydney's Mural Project" yang terinspirasi dari Peta Street Artnya Penang, Malaysia. Berbekal peta street art yang saya ambil di Penang International Airport sewaktu saya berkunjung di tahun 2015, benar-benar membantu saat saya hunting street art seharian di Penang. 


Sewaktu saya tahu ada banyak street art keren di penjuru Sydney, saya mencoba browsing untuk petanya dan sedihnya ternyata belum ada official map untuk keseluruhan street art map, namun saya sempat menemukan Street Art map untuk daerah Marrickville dan sekitarnya. Ukuran mural yang saya temukan mulai dari yang kecil hingga yang berukuran super besar, yang terletak di gang sempit hingga di jalan besar. Oh iya setiap tahunnya ada beberapa council yang memang bikin agenda untuk pembuatan street art ini loh. Seperti 2015 City Walls project dan acara tahunan Perfect Match di Inner West council.

Di artikel kali ini saya akan bagi-bagi info tentang beberapa tempat di Sydney yang punya banyak Street Art keren. So, here are my top 5 Street Art area in Sydney:

Newtown
Warna-warni Becher House ini kelihatan banget dari kereta setiap ngelewatin Newtown 

Kalo ngomongin street art di Sydney, area Newtown pasti menjadi tempat utama tujuan para street art hunter. Yap, tempat ini selain dikenal sebagai tempat yang banyak memiliki toko kreatif lokal, juga terkenal dengan banyaknya street art. Rasanya ada lebih dari 30 spot street art, dari yang paling dekat dengan stasiun kereta hingga ke perbatasan area sebelahnya seperti Erskineville, Enmore dan St Peters. 
si flaminggo kece ini lokasinya persis di pintu masuk flat

Kurang gede apa ni mural?

Ditambah lagi, di area ini pernah dijadikan lokasi syuting video clip Cold Play yang berjudul "'Sky full of stars", di mana babang Chris Martin muter-muter areal ini sambil membawa beberapa alat musik. Oh iya, kalo nyari street art yang ukurannya besar-besar cocoknya kalian jelajahin daerah ini deh. Mulai dari gambar setinggi 30 cm, setinggi ruko 2 lantai, hingga setinggi 3 lantai hotel ada di Newtown.
 Ini si super famous "I have a dream" Mural di Newtown

 Ini mural tingginya 3 lantai gedung hotel The Urban, Newtown
 Di Mary street akhirnya saya nemuin Mural dengan motif aboriginal

Sydney CBD
Di daerah pusat kota Sydney juga banyak street art yang bisa ditemukan. Beberapa bahkan terkesan 'tersembunyi' karena terletak di tempat yang tidak mudah terlihat oleh orang yang lewat padahal berada di dekat objek wisata. Untuk daerah yang paling banyak street artnya bisa kalian jumpai di sekitaran Oxford street dan Chinatown (Dixon street). 
"a lady with pylox can" ini ada di Kensington street, Chipenddale

Salah satu favorit saya terletak di daerah The Rocks yang terletak berdekatan dengan terminal ferry di Circular Quay. Untuk menuju ke daerah ini, kita bisa turun di stasiun kereta Circular Quay dan berjalan menuju Globe street. Di ujung jalan sebelum menuju anak tangga ke Harrington street kita akan menemukan sebuah foto seorang tokoh yang terkenal dalam melestarikan The Rocks, Jack Mundey (untuk info tentang beliau bisa langsung googling aja yess). Yang menarik dari street art ini, gambar close-up muka Mr. Mundey dibuat di dua dinding yang terpisahkan oleh tangga.

Ini adalah salah satu street art favorit saya di Sydney, gambar Jack Mundey yang dibuat oleh Vhils yang terletak di Globe street, The Rocks 

Mbanya lagi ngeliatin apaan sik? 
To be free is to have no fear ini karya Nadia Hernandez untuk 2015 City Walls Project

My fave glowing mural at Kimber Lane, ini di Chinatown
taken by 3Arry

St Peters

Mural di daerah ini pertama kali saya temukan murni karena ketidaksengajaan atau bahasa kerennya nyasar. Lucunya sewaktu saya nyasar bukannya buru-buru cek ke peta untuk mencari jalan yang benar, saya malah kegirangan saat menemukan May lane, sebuah jalanan kecil yang penuh dengan street art keren. Mulai dari gambar beberapa jenis kereta Sydney dengan ukuran sebesar rumah hingga gambar kecil berbentuk karakter yang sepertinya dibuat oleh orang yang sama seperti di mural yang saya temukan di daerah Newtown.

Gambar jumbo di atas ini dibuat oleh Peque Swaze, 

Ini juga salah satu karyanya Peque Swaze di May Lane

Bondi

Selain terkenal sama pantainya, di daerah Bondi juga banyak dijumpai street art keren. Yang paling tenarnya sih si gambar sayap dan biasanya orang-orang yang datang berfoto di depan street artnya supaya terlihat seolah-olah jadi malaikat bersayap yah. 
Agak tricky sebenarnya kalo mau naik kendaraan umum ke arah pantai Bondi. Kalo naik kereta musti turun di Bondi Junction dan pindah bis ke arah pantainya. Saran saya sih mending langsung naik bis nomor 333 atau 380 dari halte bis St James station atau Museum station biar bisa langsung duduk manis sampai ke pantainya. *wait upload foto yg di Bondi menyusul yah*

Marrickville & Enmore

Dua daerah ini saya gabung karena emang deketan banget, well sama Newtown juga deket sih sebenernya. Tapi ga seperti Newtown yang jumlah street artnya buanyaak banget dan hampir ada di setiap sudut, di daerah ini street artnya lebih mencar-mencar. Daerah paling banyaknya ada di sekitar Addison road, Edinburgh road dan Marrickville road. 

tulisan dilarang parkirnya aja kece gini yah


Jadi kalo nanti berkunjung ke Sydney udah tau daerah-daerah seru buat hunting street artnya kan? Tungguin artikel street art untuk di daerah Melbourne, Brisbane dan Hobartnya juga ya.

You May Also Like

4 comments

  1. kece ya! tapi tetep aja di sana corat-coret dinding gak bebas dari gambar genital cowok :))
    btw, kalo mural dibikin peta, berarti muralnya dimaksudnya permanen ya? hm.. beda ya sama grafiti yang seringnya gambar hapus gambar hapus gambar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahha iya kak, di beberapa council emang dijadiin jadwal tahunan untuk si muralnya sih, kadang bukan dihapus tapi ditambah, kalo ada petanya kyknya Penang enakk jadi ga pusing nyari2 jalan

      Delete
  2. OMG ini street artnya memamnggil manggil aku buat foto ala ootd disana kak!.

    Btw kapan balik kesana lagiii ?? aku ngikuutt kamuu dong kaak. Mau nyari bule uga nich.

    ReplyDelete
    Replies
    1. uhhhh pas banget kalo foto ootd di tempat2 ini, ala-ala magazine yesss :*

      Hahahahah aku masih terdampar di lautan bernama Jakarta, masih ga tau kapan balik lagi :(

      Delete

Thank you for leaving a comment :)