[STAY AT HOME] - Beberapa Cara Agar Website Kamu Diterima Adsense

by - 10:43 AM

Dimulai dari hari ini, saya berencana untuk aktif lagi menulis di blog dan salah satunya akan banyak berbagi info tentang banyak hal di #stayathome alias #dirumahaja series ini. Ironis sih ya rasanya jika ternyata harus ada wabah seperti ini dulu yang kemudian membuat saya kembali aktif menulis lagi di blog karena sudah terlalu bosan dan tidak tahu lagi apa yang harus dilakukan. Segi positifnya, kalian jadi punya bahan bacaan baru deh. Ok, jadi saat ini yang mau saya bahas adalah AdSense, tahu kan yah, tahu dong?

Nah salah satu cara untuk dapat menghasilkan uang dengan bermodal blog salah satunya ya dari AdSense ini, jujur sudah agak lama saya tidak mengaktifkan atau menaruh link AdSense di blog saya sih padahal akun AdSense saya udah ada dari tahun 2013-an.

Ok, usut punya usut, beberapa teman yang baru mau memulai mendaftar AdSense agak kesulitan dalam persetujuan websitenya dari pihak AdSense. Nah kali ini saya mau berbagi info dan tips supaya websitenya bisa diterima Adsense, simak yaa:

1. Memposting atau mengunggah artikel bermanfaat



Kayak gimana sih misalnya? banyak banget kok artikel bermanfaat dan itu semua tergantung dari genre blog yang kamu tulis juga. Bisa dari resep makanan, travel info, cerita perjalanan, review barang eletronik dan lain-lain. Tidak hanya isi yang berkualitas, gaya tulisan harus semenarik mungkin, sehingga yang membaca tidak merasa bosan dan jenuh. Minimum artikel yang yang ditampilkan dalam website sebelum melakukan pengajuan ke bagian Adsense adalah 20 postingan dan masing-masing artikel harus memiliki minimal 600an kata. 

Sebenarnya, tidak ada jumlah standar dari artikel yang diposting untuk diterima oleh pihak Adsense. Pastikan saja, setiap postingan berisi hal yang menarik dan memberikan informasi yang lengkap tanpa perlu menggunakan bahasa yang terlalu berbelit. Orisinalitas suatu artikel juga menjadi tolak ukur, karena mempengaruhi pertimbangan perusahaan iklan untuk bekerja sama dengan halaman website yang Anda miliki.

2. Membuat halaman privasi

Syarat website diterima adsense yang selanjutnya adalah membuat halaman privasi. Ya, privacy policy memang sangat diperhatikan oleh pihak Adsense. Ketersediaan privacy policy di dalam sebuah blog atau website, sama halnya dengan menunjukkan sikap serius dalam menjalani konten atau program yang akan dibahas dalam postingan berikutnya. 

Halaman ini juga berguna sebagai media pemberi informasi kepada para pengunjung, terkait dengan konten yang tersedia di dalamnya. Ada juga peraturan yang harus ditaati oleh pengunjung, baik hal yang dilarang atau hal yang diperbolehkan selama menjadi pengunjung blog tersebut. 

3. Memiliki halaman "about us" atau "tentang kami"


Halaman ‘tentang’ berisi infomasi diri untuk blog yang bersifat personal atau individu. Halaman ‘about us’ ini memiliki fungsi yang sama dengan halaman kontak. Selain itu, terdapat keterangan mengenai isi konten yang diberikan di dalam blog. Anda bisa menuliskan isi konten yang dibahas di halaman blog dalam bentuk seperti daftar isi. 

Dengan adanya halaman ‘tentang’, kemungkinan blog atau website Anda akan ditolak oleh pihak Adsense pun semakin rendah. Melalui halaman ini, maka secara tidak langsung pemilik akun website berusaha menjalin sebuah rasa kepercayaan di antara kedua belah pihak, terutama dengan pengunjung.

4. Halaman kontak

Selain bisa aja sih kamu selipkan bagaimana cara untuk mengkontak kamu via halaman "about us", kamu juga bisa menyiapkan satu halaman sendiri untuk hal ini. Adanya halaman kontak mempermudah pengunjung untuk menghubungi pemilik blog atau website. Halaman ini dapat berisi keterangan alamat email pemilik blog, akun sosial media yang digunakan, serta kontak informasi pribadi lainnya yang ingin diberitahukan oleh pemilik ke para pengunjung blognya. Hal ini akan memberikan kesan serius dari pemilik akun blog dalam hal memberikan konten yang mementingkan opini atau pendapat pengunjung. 

Alamat email yang diisi di dalam halaman kontak, harus sama dengan email yang didaftarkan ke pihak Adsense. Jika tidak sama, dikhawatirkan saat memberikan fee atau biaya dari iklan yang ditayangkan di dalam blog, akan mengalami kendala atau bahkan lebih buruknya langsung mengalami penolakan dari pihak Adsense. Karena, nantinya pihak Adsense akan meragukan orisinilitas dari kepemilikan resmi akun blog tersebut.

5. Optimalkan desain blog yang dimiliki

Halaman muka geretkoper.com yang udah ntah berapa kali diubah

Pemilihan desain template yang digunakan untuk halaman blog sangat mempengaruhi kinerja optimum dari blog. Selain mempengaruhi loading saat laman page akan dibuka oleh orang lain, template juga dapat menarik perhatian para pengunjung blog. Desain yang digunakan tidak perlu ribet atau terlalu ramai, sesuaikan dengan isi konten atau tema yang diangkat di dalam blog. 

Dengan begitu, nantinya para visitors atau pengunjung yang membaca isi konten tidak akan terganggu dengan tampilan desain template yang digunakan pada laman web Anda. Pastikan dalam template yang digunakan terdapat menu navigasi yang mudah ditemukan. Tampilan desain yang sederhana, namun tetap terlihat profesionalitasnya. 

Lalu musti mulai dari mana? dari membuat blog dulu yah pastinya, hahahahaha, biar lebih terkesan profesional lagi coba deh bikin personal domain juga, bisa kamu cek lebih lengkapnya di sini. Jika sudah siap, tinggal atur dan daftar AdSensenya, selaman mencoba dan semoga berhasil

You May Also Like

4 comments

  1. Will probably appreciate it for individuals who include boards or even anything, web site style. the shades opportinity for your own client in order organic sportswear to connect. Excellent job.

    ReplyDelete
  2. Sharing juga mbak, setelah berhasil mendaftar Google Adsense, PR selanjutnya, bagaimana meningkatkan pengunjung ke blog kita. Terima kasih

    ReplyDelete
  3. The Google AdSense program is an easy way for website owners to earn money on their websites through ads. In order to become a member of the program, your website must be approved by Google. The steps below will help you get your website approved and up and running. First, create a free website with your favorite CMS (content management system). You can use any CMS you want, but it's recommended that you use WordPress. This information is collected by amazon products images

    ReplyDelete

Thank you for leaving a comment :)