[ Hostel Review ] 5 Footway.inn Bugis Project - Singapore

by - 11:50 AM


5footway.inn Project Bugis

Beberapa kali berkunjung ke negara tetangga, Singapura, saya selalu menginap di hostel, bukannya anti Hotel tapi lebih kesebuah bentuk penghematan bujet, hihihi. Ketika itu pilihan saya jatuh ke 5footway.inn grup dan memilih 5footway.inn project Bugis, Kenapa? karena ketika saya cek lokasinya sekitarnya, banyak tempat yang belum pernah saya explore, seperti Haji lane, Mesjid Sultan, Arab Street dan Malay Heritage Centre. Lokasi hostelnya sendiri ada di 10 Aliwal Street.

Sebenarnya lokasi ini masih bisa dicapai dengan berjalan kaki, bisa dari stasiun MRT Bugis ataupun Lavender, tapi saya yang terbiasa menggunakan web aplikasi penunjuk arah di gothere.sg menemukan halte bis terdekat dengan hostel hanya tinggal berjalan 100 meter.

Dengan menggunakan bis 107 atau 107M dari halte Lavender MRT (01319) dan turun di halte Sultan plaza (2 stops) tinggal menyebrang jalan, masuk gang sedikit, dan voila sampai di Hostelnya. (Updated 15 May 2014 - Untuk yang mau jalan kaki bisa dari MRT Bugis menuju ke daerah haji lane dari situ aliwal street sudah mudah dicari *lumayan dekat dengan Masji Sultan dan Malaysian Heritage Center*)

Sepertinya hostel yg berlokasi di area Bugis - Arab Street ini adalah hostel termurah diantara project 5footway.inn yang lain. Awalnya saya memesan single dorm untuk quadruple room atau kamar dorm isi 4 orang, namun staff mereka menawarkan untuk upgarde ke private room untuk 2 orang dengan hanya menambah S$5 saja, dan saya setuju :D *mureeh dasar lo mei*

Sepengetahuan saya, hanya hostel ini (dari grupnya) yang memiliki kamar dengan kamar mandi di dalam untuk private roomnya. Lantai di hostel ini masih menggunakan plester semen simpel yang membuat kamar jadi terasa lebih adem, meskipun bila bertelanjang kaki jadi terasa kotor, hihihi.

Yang saya suka dari hostel ini adalah fasilitasnya, mulai dari free wifi (kenceng loh wifinya *bahagiaa*), Sarapan roti (self service), air minum gratis, dan mesin kopi&susu GRATIS. Jadi bisa deh minum teh tarik atau Milo sepuasnya *ngikik bahagia* dan staffnya yang super ramah. Karena ini hostel, semua kegiatan di dapur dilakukan sendiri alias self service, ambil gelas sendiri, bikin  minum sendiri, dan cuci gelasnya sendiri sama halnya dengan saat sarapan. Lokasi dapur dan tempat makan berada di teras lantai dua, tempatnya enak buat santai. DI hostel ini juga menyediakan jasa laundry, kulkas sharing (pastikan menulis label di barang yang kita simpan yah) dan penitipan barang bawaan apabila kita datang sebelum waktunya check-in atau masih ingin jalan-jalan setelah check-out

Masing-masing project hostel ini memiliki gaya yang sedikit berbeda satu sama lain, dari public area, kamar tidur, kamar mandi, hingga dapur dan tempat makannya. Untuk kamar mandi sharing di project bugis ini, berada di lorong lantai bawah dan lantai atas, dan digunakan campur untuk laki-laki dan perempuan, tidak seperti di Project Chinatown 2 dan Boat Quay yang memiliki toilet terpisah untuk perempuan dan laki-laki. Eh tapi ada untungnya loh, di sini masih tersedia water sprayer untuk toiletnya sedangkan di tiga project lain tidak ada (selalu ada plus dan minusnya kan). Silahkan mampir ke website resmi mereka untuk melihat jenis kamarnya yah, kebetulan saya tidak sempat mengabadikan kamar dan dapurnya.

Di Public area, saya disuguhkan sofa empuk, tv flatscreen, dvd player dan perpustakaan mini. Mau nonton DVD? tinggal minta tolong ke staffnya untuk pilih judul film. Mau baca buku atau majalah? bisa langsung dibaca di public area atau bisa kok dipinjem buat baca di kamar dan di ruangan ini pula banyak terdapat review serta komentar dari beberapa pengunjung sebelumnya, ada yang dirangkai dengan rapi menggunakan bingkai, ada pula yg dijadikan satu di dalam album foto, menarik yah.

Mini Library

 Let's watch Movie

Numpang tidur di sofa

Ga usah bingung kalo siang-siang laper tapi masih di hostel, karena disekitaran arab street dan aliwal street ini terkenal dengan tempat makannya loh dan tidak sulit untuk mencari makanan halal. Satu lagi, untuk kaum muslim tidak perlu khawatir kesulitan mencari mesjid, karena lokasi hotel ini dekat dengan Mesjid Sultan.



Padang all the way :)

Tertarik untuk menginap di 5footway.inn Project Bugis?

Disclaimer: Bukan artikel berbayar :) tapi memang dalam rangka pencarian tempat menginap yang nyaman, aman, tentram dan ga bikin kantong bolong

Related Review:
[ Hostel Review ] 5footway.inn Project Boat Quay - Singapore

You May Also Like

33 comments

  1. Hostel nya bagus, hampir aja kapan lalu mau booking disini tapi batal karna nemu yg lebih mahal lagi #kaburrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sembah sujud, saya give up kalo yg lebih mahal dari ini om cum :))

      Ini udah oke buat aku hahahaha bisa hemat budget buat beli minuman soalnya hahahhaah

      Delete
  2. aku blm pernah nginep di hostel yg bener2 self service bgini.. rata2 walo namanya HOSTEL, ttp aja dilayanin ;p hihihii...tapi kyknya seru kpn2 nyari penginapan yg bgini mba ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. disini seru, trus yg jadi staffnya juga rata2 anak muda gitu kak, helpful juga. Iyah coba aja, aku cocok banget sama hostel ini soalnya :))

      baru pernah nyobain group hostel ini sama tresor tavern hostel kalo di Singapur

      Delete
  3. Huahaha ... Ternyata muncul si 5footway inn :D
    Hostelnya apik tuh! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyahh ommm, ini fave gue jugaaa, desember ini mau nyoba yg di boat quay, sebelumnya udah disini sama di Chinatown 2

      Delete
  4. Terakhir menginap di sana kapan ya?

    Saya butuh kepastian, apakah semua toiletnya menggunakan semprotan air?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nginep disini desember tahun lalu, dia ada selang water spray, tapi ga ada kepalanya, jadi kali mau dipake tinggal putat knob keran yg disamping toilet duduknya. Ini untuk toilet di ruangan bawah, kurang tau kalo yg di ruangan atas.
      Kalo di 5footwayinn chinatown 2 tptnya lebih enak, tapi ga ada sprayer

      Delete
  5. Hai.. aq mau tny apa anda tau lokasi 5footway.inn Project Chinatown 2 apa berdekatan dgn 5footway.inn Project Chinatown, saya rencana ke Singapore Juni 2014 dan klo memang lokasi 5footway.inn Project Chinatown 2 jg ok saya maungkin ambl dsana krn lbh murah hrgnya.
    Sebenarnya msh galau mau ngnep di 5footway.inn Project Chinatown or 5footway.inn Project Chinatown 2 or 5footway.inn Project Boat Quay hehehhe msh pertimbangan smuanya .

    Mohon info nya…

    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Linx :)
      Project 1 dan project 2 jaraknya berdekatan. Project 1 kurang lebih hanya 10 meter dari exit A Mrt station Chinatown, sedangkan project 2 jaraknya sekitar 200 meter. Tapi waktu itu saya lebih memiliki project 2 karna letaknya dipinggir jalan dan tidak riuh seperti project 1 yang ada persis ditengah-tengah keramaian chinatown. Nah kalo 5footway.inn yang di boat quay kebetulan baru akan saya coba akhir tahun nanti :D

      nanti boleh ditunggu reviewnya yaaah :D

      Delete
    2. oo jd lbh nyaman di chinatown pro 2 ya ? aq lupa mau tny lg mengenai toilet dsna ada selang di closet nya ?hemm.. sbnrnya saya lbh tertarik di boatquay krn pas di pinggir river kyknya asik deh bygan saya..hahaha utk hrg dia emg paling mhl kyknya sm ky project 1 gt.
      klo gt aq tunggu review kmu di boatquay dl y sis,klo bs upload ftonya hehe

      thx bgt sis reply nya.

      Delete
    3. Di project 2 chinatown ga ada water sprayer, yg kmrn sempat nemu water sprayer di project bugis

      Delete
  6. halo, mau nanya donk infonya project 2 ini bersih ga sih toiletnya??, soalnya bawa anak nih :D, trus nanti kl check out apa ada fasilitas nitip luggage??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo Irena :) anaknya umur berapa yah?
      kamar mandi yang waktu aku stay disana, adanya di hallway, tapi coba cari kamar yang kamar mandi didalam deh (ensuite bathroom) setau aku cuma di 5footwayinn Bugis yang punya private room dengan ensuite bathroom.
      Nah harusnya kalo yg kamar mandi sendiri lebih OK yah ketimbang campur.

      Untuk nitip barang-barang bisa dilakukan sebelum check in atau sesudah check out kok :) tinggal bilang aja sama staffnya rata-rata ramah banget. Oh iya check in biasanya jam 3 sore yah

      Delete
  7. umur 5 nih, sbnrnya ga masalah sie shared toilet, cuma di project 2 chinatown bersih ga??, agak ragu jg biz baru kali ini nyobain hostel

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes :) kamar mandinya bersih kok. Kalo berdasarkan pengalaman aku, malah cenderung lebih bersih di chinatown 2 ketimbang di Boat Quay, mungkin itu juga pengaruh tipe org2 yang nginep juga kali yah, Pas di Boat quay kebetulan barengan pengunjung lain yg agak jorok2 sepertinya, padahal kalo dilihat kamar mandinya sering banget dibersihin sama petugasnya loh

      Delete
  8. Mbak, jarak jalan kaki dari MRT Bugis ke penginapannya brp meter?Kalo malam sekitar jam 11 atau 12 malam, jalur jalan kaki dr MRT ke penginapan masih rame gak ya?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. astaga mba Nova, maaf commentnya baru terbaca sekarang, semoga kemarin sudah dapat informasi tentang penginapannya yah :)

      Delete
    2. astaga mba Nova, maaf commentnya baru terbaca sekarang, semoga kemarin sudah dapat informasi tentang penginapannya yah :)

      Delete
  9. bugis street memang tempat belanja untuk oleh-oleh
    informasi menarik terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai terima kasih sudah mampir, yess daerah Bugis emang jadi salah satu surga belanja oleh-olehnya Singapura

      Delete
  10. Untuk harga kamar nya itu per kamar ato per orang ya? Yang tipe dormitory.
    Karena saya lihat d agoda.com atau booking.com penjelasannya harga berlaku untuk satu orang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo untuk dormitory harganya perorang mas, tapi untuk private room harga yang tertera di website atau online travel agent per kamar :)

      Delete
  11. Untuk harga kamar nya itu per kamar ato per orang ya? Yang tipe dormitory.
    Karena saya lihat d agoda.com atau booking.com penjelasannya harga berlaku untuk satu orang.

    ReplyDelete
  12. Halo, tipe kamar di 5footwayinn bugis yang ada private bathroom namanya apa ya? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ratu, cobe dicek deh di keterangan setiap jenis kamarnya, barusan sih aku coba cek di booking.com kamar deluxe single - ensuite bathroom, ada juga kamar deluxe quadruple

      Delete
  13. Deposit berapa kak kalo nginep di bugis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh aku lupa euy, seinget aku sekitar 50dollar apa yah? buat key deposit *duh beneran lupa*

      Delete
  14. kamar mandi bersama nya dibedakan laki2 dengan perempuan kan? :( sedih banget kalo sampe nyampur

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Dian, aku kurang tau kalo kondisi sekarang, kalo yang dulu nyampur tapi emang adanya di luar kamar gitu semacam di alley. Kalo mau yang pisah, kamu bisa coba di 5footway.inn yang di Chinatown 2 atau di Boat Quay

      Delete
  15. Kemaren pas ke 5footway.inn yang di boat quay emang di pisah kak. Okedeh makasih ya kak. Saya masih bingung soal per-bus-an hehe...

    ReplyDelete

Thank you for leaving a comment :)