One night in Souk Madinat Jumeirah

by - 3:12 PM

Perjalanan saya ke Dubai memang sudah hampir setahun yang lalu, tapi belum bisa move-on dari tempat ini sepertinya (semacam terjebak nostalgia). Tata kota yang rapi, arsitektur yang cantik masih melekat kuat diingatan saya. Satu tempat yang tidak bisa hilang dari ingatan saya adalah "Souk Madinat Jumeirah", "Souk" disini artinya Pasar atau tempat perbelanjaan. Lokasinya Madinat Jumeirah ini dekat pantai dan Burj Al-Arab, salah satu bangunan ikonik di Dubai.

Sebenarnya tempat ini buka dari siang hingga tengah malam, namun saya mampir ke tempat ini pada malam hari. Dikarenakan kakak senior di tempat internship saya dulu, yang ketika itu jadi lokal giude saya enggan untuk keluar Dubai pada siang hari, PANAS katanya, hihihihihi. Padahal ketika itu, cuaca Dubai lumayan bersahabat karena sudah hampir menuju ke musim dingin.  

Hey welcome to Souk Madinat Jumeirah

Entrance Gate


Bisa dibilang tempat ini semacam one-stop entertainment, kenapa? karena bukan hanya terdapat tempat perbelanjaan, tapi juga ada hotel, restoran , kafe, fitness center, madinat teater dan masih banyak lagi. Untuk "Souk" nya sendiri konsepnya indoor outdoor, sepintas jadi teringat Cihampelas Walk di Bandung. Arsitektur timur tengah amat kental disini *yaiyalah*. 

Karena dari awal tujuannya kami kesini hanya jalan-jalan saja, jadi saya tidak sempat masuk kesalah satu resto *info si senior, harga makanan disini lumayan mahal*, hanya sempat membeli souvenir boneka unta kecil lucu dan 3 buah gantungan kunci unta yang terbuat dari kayu, kenapa sedikit? karena si lokal guide saya ini memaksa untuk membayar barang yang saya beli. Haduh udah ditemenin muter-muter, ga disuruh bayar tol sama bensin, makan malem dibayarin, masa mau dibeliin oleh-oleh juga *ga enak hati ceritanya kan* 

Di sini kita juga bisa melihat arsitektur khas salah satu daerah di Al Bastakiyah, Dubai yang di sebut "Barjeel". Bangunan ini seperti menara yang berfungsi sebagai ventilasi alami atau tempat masuknya angin kedalam rumah atau ruangan. 

Di tempat ini juga terdapat kanal, kita bisa loh ikutan menyusuri kanal dengan menyewa perahu tradisional disini, namun berhubung saat itu angin bertiup cukup kencang saya mengurunkan niat dan memilih untuk berjalan-jalan menyusuri tiap sudut saja. Pemandangan utama yang paling seru disini adalah Burj Al Arab, bangunan ini tampak lebih cantik di malam hari, ditambah dengan lampu-lampu di Madinat Jumeirah itu sendiri.

Pokoknya jangan lupa mampir ke tempat ini kalo pergi ke Dubai yah :) , silahkan coba untuk berkunjung di siang hari, mungkin aktifitas menyusuri kanalnya jadi seru.

Kanal dan perahu yang dapat kita sewa (bayar perorang)

 The Souk

 Main attraction

 How pretty *love*

Barjeel the windcatcher (on the top of the building)



You May Also Like

4 comments

  1. caakkeeppppp ^o^ blm sempet2 pergi kesini.... next time, pasti lah...kira2 biaya perhari kalo liburan di sana brp an mba?ga include hotel mksdku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm tergantung mau kemananya sih kak, ada open tour bus gitu kalo mau sightseeing muter2 Dubai, soalnya kmrn aku itu kan nginepnya di apartemen om aku, kemana2 seringnya dianter sama om atau sama senior aku yg lagi kerja disana :))

      terus Metroline nya juga belum kayak Sinagpura yg connect ke tempat2 wisata, yg lgsg connect ke mall cuma Mall of emirates, kalo mau ke Dubai mall, abis dari stationnya masih jauh, jalan kaki bisa sih cuma jauh :))

      usahain kalo dateng kesini pas mau-mau musim dingin kak biar enak jalan2 siang hari nya

      Delete
  2. Memang benar bhw Dubai adalah kota arab yang sangat modern. Arsitektur di sana sangat menarik dan penuh dengan teknologi tinggi. Ngga disangka ada negara muslim yang semaju ini, malah mengalahkan negara maju di Eropa.
    Salah satu bangunan fenomenal adalah Burj Al Arab atau yang lebih populer dengan nama Burj Khalifa. Sang arsitek yakni bernama Adrian Smith mendesain bangunan tinggi ini dengan konsep modern dan penuh dengan teknologi tinggi.
    Kebetulan saya juga seorang arsitek yang saat ini bekerja disalah satu konsultan arsitek (ARSITEK ONLINE) dimana setahu saya bangunan ini adalah bangunan tertinggi saat ini di dunia.

    Artikel yang menarik dan ditunggu artikel berikutnya, terutama seputar dunia arsitek dan arsitektur bangunan.

    Wassalam,
    Endah Wulan ST
    (arsitek)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Endah, thanks sudah mampir ke blog saya.
      yupp saya juga suka sama kedua gedung tersebut :) sampe sekarang juga masih bingung, bangunan setinggi itu bisa berdiri kokoh di atas kontur tanah yang berupa gurun pasir heheheheh

      Delete

Thank you for leaving a comment :)