Sehat Saat Travelling

by - 6:17 AM


Pernah ga sih kalian ngerasa hidup kalian lebih teratur justru saat traveling dibandingkan kegiatan sehari-hari? Saya sih ngerasa banget, hidup saya malah lebih teratur saat lagi jalan-jalan ketimbang keseharian saya. Beberapa tahun lalu, saya pernah jatuh sakit ketika di perjalanan dan itu benar-benar menggangu trip saya secara keseluruhan. Nah belajar dari kesalahan tersebut, saya mulai deh tuh menerapkan gaya hidup sehat meskipun lagi traveling (ehh pas traveling aja nih? hahaha)  

1. Bangun Pagi

Kalo yang satu ini sih udah jadi kebiasaan banget, bahkan setiap traveling in a group saya selalu bertindak sebagai alarm bangun tidur. Yup, bangun pagi itu dan menghirup udara pagi akan membuat badan kita lebih segar dan memulai perjalanan sepagi mungkin juga bisa membantu meningkatkan mood saat traveling loh. Ditambah lagi, dengan memulai trip lebih pagi akan lebih banyak lagi tempat yang bisa kita eksplor.  

2. Olahraga

Kalo untuk olahraga secara khusus s seperti jogging, biasanya saya lakukan jika tripnya lebih santai dan cenderung saya lakukan saat solo trip. Sedangkan untuk trip yang bareng teman-teman rasanya ritual jalan kaki kami yang banyak banget itu udah bisa deh diitung olahraga hehehehe. Kalo business trip dan menginap di hotel yang agak besar, malah saya suka menyempatkan diri untuk mencoba beberapa alat-alat olahraga yang ada di fitness center atau minimal berendem di kolam renang (nasib anak ga bisa renang). 


lari pagi di stadium atau bikin jogging track sendiri sambil explore tempat (ini National Stadium Bangkok)

3. Makan Buah dan Minum Air Putih

Makan buah juga penting, karena buah banyak mengandung vitamin dan jangan lupa juga untuk banyak minum air putihLagi-lagi kebiasaan traveling saya yang lebih sering banyak jalan kaki memang harus diimbangi dengan banyak minum agar tidak dehidrasi. Untuk beberapa tempat seperti Bangkok atau Ho Chi Minh, mungkin kita bisa menemukan buah potong segar di banyak tempat. Tapi jika memang susah, bisa juga kok cari di jus segar di supermarket atau toko kecil di sekitar stasiun atau terminal. Untuk air putih, biasakan bawa tumbler atau botol minum kosong dari rumah. Di perjalanan bisa diisi dengan air mineral botolan atau water tap. Kemarin malah hemat air banget pas jalan ke Osaka, water tap di hostel bisa langsung minum. Duhh mayan banget, kantong ga bolong deh kalo kayak gitu.

gerai jus yang saya temukan di stasiun BTS Victoria Park - Bangkok

4. Tidak Melewatkan Jam Makan

Kalo sehari-hari saya lebih sering makan 2 kali sehari, sarapan dan makan siang atau makan siang dan makan malam, saat traveling saya justru membiasakan untuk makan 3 kali sehari. Saat tidak lapar sekalipun, saya tetap mengisi perut meskipun tidak banyak. Hal ini lebih untuk mencegah masuk angin dan agar maag tidak kambuh tiba-tiba.   

5. Minum Susu

Salah satu senjata lain untuk sehat saat traveling buat saya adalah minum susu. Ingetkan pelajaran sewaktu SD dulu, kita harus makan makanan yang 4 sehat 5 sempurna. Nah susu merupakan poin ke 5 yang juga berfungsi sebagai pelengkap. Saya sendiri sih biasanya lebih sering minum susu sebelum melakukan perjalanan atau setelah pulang dari perjalanan, sesuai kebutuhan aja. Kadang susu juga saya gunakan sebagai alat memperlancar pencernaan (if you know what I mean). Jujur saya ga suka minum susu sapi putih, bahkan baru nyiumnya aja udah eneg sendiri tapi kalo minum susu dengan rasa lain biasanya kadar glukosa alias gulanya tinggi banget, saya ngga suka minuman yang terlalu manisEh tapi beberapa bulan lalu waktu saya demam dan ke supermarket, saya nemu BEAR BRAND Gold susu steril rendah lemak tinggi kalsium, mengandung kebaikan susu dengan dua varian, white tea dan white malt. Huweeehh saya ternyata suka sama BEAR BRAND gold yang white malt dan white tea ini. 


minuman susu mungil ini diproduksi di Thailand loh

You May Also Like

14 comments

  1. Number 5 is my favourite too...hehehe.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahha, aku kalo yg original ga sukaa, sukanya yg ada rasa, yg original malah bikin eneg

      Delete
  2. Susu beruang ya? :hihi, memang ajaib banget itu susu mah, katanya bisa menyembuhkan. Sayang saya tak terlalu suka dengan rasanya karena plain banget--tapi varian yang ini katanya tidak setawar versi aslinya, ya? Penasaran deh pengen mencoba. Moga-moga kita selalu sehat ya Mbak, terima kasih buat tulisannya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. benerr Gar, ini not bad lah mayan lebih baik daripada yg plain, kalo yg plain aku juga ga suka

      Delete
  3. jusnya nampak segeeeer!
    aku gak doyan susu kaaaak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyahahahah iyaahh itu tiap kali bulak-baluk si jusnya minta dibeli banget kak, udah kayak dadah dadah gitu :P

      di BTS Victoria Monument asik bgt banyak jajanan enak, di Victoria parknya juga, duh jadi kepengen balik *banyak MAU*

      Delete
  4. Sehat adalah modal utama sebelum travelling, so harus bisa jaga diri. Terima kasih atas tips-tipsnya ya !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mass :)
      hihihi sayanya juga masih suka males makan buah atau olahraga kalo travelling, tapi kayaknya demi sehat selama di perjalanan musti tetep dilakuin

      Delete
  5. hihihi sama mei, akupun saat traveling sprtinya hidup lbh sehat.. ga prnh ngelewatin sarapan, apalagi kalo nginep di hotel yg ada buffetnya, rugi aja gitu kalo diskip ;p Bnagun lbh pagi jelas, krn mw ngeliat tempat2 wisata yg lain biar ga buang2 waktu di sna :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahhahah iyaah aku juga bangunn langsung otomatis pagi deh ahahahahah

      Delete
  6. kalau aku sih gak pernah traveling sampe nginep2.. palingan cuma wisata ke tempat-tempat deket...

    ReplyDelete
  7. tapi kalo bangun pagi, olah raga, sarapan, apa gak bikin ngantuk setelah itu ?
    nanti lelah di perjalanan donk. hhehehe maaf klo salah, biasanya sih saya ngantuk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahhahaha tergantung sih, kalo sarapannya kekenyangan biasanya jadi ngantuk hahahaha
      tapi aku excited banget sih kalo lagi travelling biasanya ngantuknya pergi deh

      Delete

Thank you for leaving a comment :)