Kedinginan di Sagano Romantic Train

by - 11:19 PM


Arashiyama merupakan sebuah kota di sebelah barat di prefektur Kyoto. Untuk mengunjungi kota ini, kita dapat menggunakan kereta ataupun bus lokal dari Kyoto. Kota ini terkenal dengan Bamboo Groove-nya. Selain mengunjungi tempat tersebut, wisata lain yang masuk di list saya adalah naik Sagano Romantic Train. Sagano Scenic railway ini memiliki trek membentang sepanjang Arashiyama dan Kameoka, jalur ini juga melewati sungai Hozugawa. Sebagian besar dari kereta ini berbahan kayu dan memiliki lima gerbong penumpang. Jujur jika ingin mendapatkan pemandangan yang super seru, kalian sebaiknya naik kereta ini saat musim gugur. You gonna be wowed by the beautiful view along the trip (ini kalo google image sih, saya belum pernah pas gugur soalnya), mungkin karena pemandangan di saat itu kereta ini dinamakan Romantic Train. 

Jalur kereta ini memiliki 4 stasiun, Torokko Saga Arashiyama, Torokko Arashiyama, Torokko Hozukyo, dan Torokko Kameoka. Penumpang dapat memilih untuk naik dari stasiun manapun, namun rekomendasi saya sebaiknya naik dari Stasiun Torokko Saga Arashiyama menuju Torokko Kameoka atau sebaliknya agar mendapatkan one full trip. 

Trip yang saya lakukan sendiri tidak dimulai dari Torokko Saga Arashiyama tapi dari Torokko Arashiyama. Kenapa? karena saya kehabisan tiket kereta hingga 2 jam kedepan, jadi saya memutuskan untuk trekking ke Bamboo Groove terlebih dahulu sekalian jalan menuju stasiun yang kedua. Di tempat inipun saya harus menunggu jadwal kereta sejam kedepan, lagi-lagi karena kehabisan tiket.

Gerbong 5, tempat duduk 3A, Kereta 17:10, harga 620 yen

Jika jalan-jalan ke Jepang dan ingin punya souvenir yang unik tapi gratis, pastikan kamu bawa buku atau notes kecil dari rumah. Di beberapa tempat banyak disediakan stempel khusus yang bisa kamu gunakan sebagai kenang-kenangan. Kebetulan di setiap stasiun yang ada di jalur ini juga terdapat stempel khusus yang berbeda-beda tiap stasiunnya. 

Cap yang tersedia di stasiun Torokko Arashiyama

 Cap yang tersedia di stasiun Torokko Kameoka

Pemandangan di perjalanan, sungai Hozugawa dan rimbunan pohon yang (sayangnya) masih hijau

Beberapa review yang saya baca sebelumnya di web wisata Jepang, pemandangan dari kaca kereta saat musim gugur benar-benar cantik. Well, saya tidak bisa berharap banyak waktu itu karena memang kami datang terlalu awal dan daun-daun belum berubah menjadi warna merah. Ah iya, ada satu hal yang tidak pernah saya duga sebelumnya, dari total 5 gerbong kereta di Sagano Romantic Train ini, saya dan teman-teman mendapatkan tempat duduk di gerbong ke 5 yang ternyata tidak memiliki kaca alias terbuka full. 

ini untuk perbandingan, gerbong sebelah kanan adalah rupa dari 4 gerbong lain dan yang sebelah kiri adalah gerbong kami

Terpaan angin di sepanjang perjalanan benar-benar membuat pipi saya membeku dan kedua telapak tangan mati rasa. Suhu saat itu sebenarnya masih belasan derajat celcius namun karena hari itu sempat hujan rintik dan waktu juga sudah terlalu sore, rasanya seperti lagi trip saat musim dingin.  Masih jelas diingatan saya beberapa teman yang duduk di sisi lain kereta berulang kali memanggil untuk meminta tolong difoto, tapi saya cuma duduk diam sambil menaikan leher jaket ke arah muka, dinginn cooyy. Saya ga bisa bayangin deh jika naik kereta ini saat musim dingin. Ajaibnya, dua teman saya dengan bahagianya naik ini dengan mengenakan celana pendek. Meski awalnya terlihat tenang dan sok santai, akhirnya kedingin juga saat harus berjalan menuju JR stasiun dari stasiun Torokko Kameoka.

Ini foto super palsu, mereka terlihat bahagia gini cuma saat di foto aja, aslinya sih kedinginan

INFO PENTING!
Meskipun perjalanan ini hanya sekitar 25 menit, tapi saya tidak menyarankan wisata ini untuk teman-teman yang mengidap Claustrophobia atau memiliki ketakutan terhadap ruangan gelap dan sempit. Kereta ini berjalan melalui beberapa terowongan gelap dan satu diantaranya cukup panjang. Saya sendiri hampir sesak karena panik dan udara yang agak lembab saat melewati terowongan tersebut. 

You May Also Like

15 comments

  1. aku sihh gak takut ruang gelap dan sempit.....tapi aku takut kesepian kaaaak, tolong kaaaak T_T

    ReplyDelete
  2. mewaaah naik beginiaaan...hahaha gw males waktu kesono naik yg romantis2 giniihhh, abis dinggiiin biangettttt, hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin iseng-iseng doangan, ternyata dapat gerbong yang anginnya bisa masuk sampe kedaleman hahahaha masuk angin total laaah

      Delete
  3. Wah dinginnya banget-banget tapi pakainya celana pendek, mantap :haha. Iya, kalau musim gugur kayaknya bakalan seru banget, daun-daun momiji dengan warna yang spektakuler berguguran ke tanah. Romantis :hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyahahah iyahh, itu anak dua kedinginan banget padahal, gegayaan aja :))
      kemarin baru dikit banget yang udah berubah warna :(( sediih pisaann

      Delete
  4. Jadi pengen, tapi kalo semakin banyak yang ikut wisata ini jadinya gak se romantis itu kali ya, banyak orang trus desak-desakan gitu. Tapi kayaknya gak mungkin sampe kaya gitu ya :D
    Makasih udah share :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi ga rame sih kak, tapi ntah kenapa kemarin ga berasa amat kok romanticnya *mungkin karna ga punya pacar* hahahah

      saya malah lebih sibuk gosok-gosok tangan karna kedinginan

      Delete
  5. kyoto yaa... aku msh blm fix nih mw kemana aja pas di jepang ntr... Itin nya berubah trus hahahah ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahhahaha aku mau liat saljuuu ahh, eh wait tapi kalo udah liat salju di snowy mountain di Sydney, belum tentu mau ke Hokkaido kak :P

      Delete
  6. Kenapa namanya romantic train ya? kirain kereta yang khusus buat berdua gitu hehehehe

    ReplyDelete
  7. Ruangan gelap dan sempit sih nggak takut, kak. Aku lebih takut isi dompetku nggak kuat bayarnya. Phobia apa nih namanya?

    Oke, sebagai pecinta kereta, agenda ini layak dimasukkan dalam wishlist!

    ReplyDelete
    Replies
    1. nodokuPhobia kayaknya ahhahahahaha

      iyah tapi lucu sih keretanyaa :3 kalo bisa pas lagi autumn yaaah biar pemandangan kanan kirinya keeeceeh gii

      Delete
  8. untuk mengikuti tour menaiki sagano romantic train klik link berikut https://www.vivawisata.com/tour-jepang-alpine-shirakawago

    ReplyDelete

Thank you for leaving a comment :)