Half Day Trip to Fushimi Inari

by - 9:51 PM


Matahari sudah mulai terik saat saya dan teman-teman sampai di gerbang depan Fushimi Inari. Menyenangkan sekali yah mendapati sebuah objek wisata yang terkenal berjarak tidak sampai 50 meter dari pintu luar stasiun kereta. Di saat beberapa tempat lain mengharuskan kami menghidupkan google maps atau melihat petunjuk arah yang ada di stasiun, di tempat ini kami tidak perlu repot-repot mencari apapun.

Fushimi Inari terletak di daerah selatan kota Kyoto. Di sekitaran kuil-kuil di areal ini banyak dijumpai patung-patung rubah yang merupakan simbol penyampai pesan kepada Inari, yang dipercaya sebagai Dewa Pertanian. Kuil utama yang ada saat ini merupakan kuil yang dibangun ulang setelah bangunan sebelumnya habis terbakar saat perang Onin. 

Hari itu Fushimi Inari Taisha tampak cukup ramai, yah mau bagaimana lagi? kami datang di hari minggu, yang tentu saja akan lebih ramai dari hari biasa. Saya tetap memasukan Fushimi Inari ke dalam list tempat tujuan karena pas banget JR West Pass kami akan berakhir di hari tersebut. Sebagai informasi, JR West Pass ataupun JR pass yang keseluruhan tidak terlalu berguna di seputaran Kyoto. Untuk menjelajah Kyoto saya sarankan kalian membeli Bus Pass atau Subway Pass, karena dua moda transportasi tersebut yang menjangkau banyak tempat di Kyoto.

Ini adalah kuil paling depan dan biasa dijadikan meeting point

beberapa pengujung terlihat mencuci muka dan berkumur di mata air ini sebelum berkunjung ke kuil

Kembali ke Inari, tempat ini terkenal dengan 10.000 gerbang Torii yang terbentang dari tengah hingga ke atas gunung Inari. Tidak hanya torii tersebut, di Fushimi Inari juga banyak terdapat kuil dan tempat untuk "menggantungkan harapan". Mulai dari 1000 cranes (Bangau) origami yang berwarna-warni bergantungan di kuil terdepan, papan kayu persegi lima yang dapat ditulis dengan spidol, gantungan harapan berbentuk torii berwarna merah, kertas permohonan yang diikat sedemikian rupa di tali yang disediakan, papan kayu berbentuk rubah yang banyak dimodifkasi orang-orang, bendera merah putih yang berisi doa dan harapan, hingga papan kayu berbentuk torii merah lebih besar bertuliskan harapan-harapan yang banyak ditaruh di kuil paling atas.

 bisa pilih salah satu dari media ini untuk menulis doa-doa dan harapan

 awalnya berbentuk rubah, lalu banyak yang improvisasi jadi kayak gini

mejeng dulu di lorong Torii gates

semakin ke atas, Torii gatesnya semakin besar-besar

Kuil ini tidak hanya ramai di hari libur atau akhir pekan, namun juga di hari biasa. Banyak orang terutama orang-orang tua yang mendaki ke kuil atas untuk berdoa. Tidak sedikit pula orang-orang yang datang ke tempat ini dengan menggunakan baju yukata lengkap dengan riasan rambut, make up dan sendal khususnya. Ternyata waktu yang dibutuhkan untuk mencapai kuil teratas kurang lebih 1,5 jam ditempuh dengan kecepatan berjalan kaki santai. Saya sendiri sih, menghabiskan waktu 1,5 jam tersebut di bawah kuil, di dekat tempat jajanan dan oleh-oleh setelah berhasil menolak ikut hiking ke atas dengan alasan kaki cenut-cenut. Iyaa ini hari ke empat kami di daerah Kansai dan sudah tidak terhitung lagi berapa km total kami berjalan kaki dari hari pertama.

ini dia kuil yang ada di paling atas

Selesai (teman-teman saya) hiking, kami bergegas mencari makanan di kios-kios yang ada di sebelah kiri sebelum menaiki tangga ke arah 1000 Tori. Di sini banyak sekali penjual makanan ringan khas Jepang, sesuai dengan yang kami cari. Mulai dari Mochi bakar (eh ini sok tau banget ngasih nama makanannya), takoyaki ganteng (maksudnya yang jual yang ganteng), okonomiyaki, jus jeruk segar yang langsung di minum dari buahnya, okonomiyaki, mie goreng, ubi goreng dan maaaassih banyak lagi. Rata-rata harga makanan yang dijual di tempat tersebut dijual dengan harga 500 yen per porsi. Buat yang cari kit-kat varian Strawberry cheesecake dengan box berbentuk gunung fuji, bisa kamu temukan di salah satu souvenir shop di dekat tukang ubi goreng. Selesai menyantap semua jajanan yang juga sebagai menu makan siang, kamipun bergegas kembali ke stasiun JR untuk melanjutkan perjalanan.

sebelum pulang, jangan lupa jajan dulu

Sekedar info, jika akan membeli air mineral di vending machine usahakan untuk membeli di areal kios-kios makanan di bawah karena harganya lebih murah ketimbang air mineral di vending machine di kuil teratas. Alih-alih digantung di tempat yang disediakan, banyak juga loh pendatang yang membeli wishing board di Fushimi Inari untuk dijadikan Souvenir.   

You May Also Like

21 comments

  1. i was just thinking to get the wishing board as souvenirs, ternyata boleh ya! ga ada jinxnya kan ? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahh aku kurang tau deh kalo Jinxnya :P
      tapi kmrn lihat ada yang beli namun ga digantung

      Delete
  2. Saya terkesima dengan warna merahnya sih, cerah banget, bagaimana mereka membangun torii-nya itu ya :hehe. Makanannya menggoda, itu bagaimana bikin jus jeruk yang diminum langsung dari kulit jeruknya? Sejauh mata memandang tak ada bekas potongan :hehe. Kuil yang keren, tapi apa maksud gerbang itu berjumlah banyak banget?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahah ini susyeh loh foto dalam keadaan kosong, ramee mulu gar.

      Itu ada alat khusus gitu, tinggal nyolok jeruk atau grapefruit ke situ nanti dalemnya kayak diperes deh sama alatnya :3 segeerrr soalnya jeruknya diirendem di air es dulu, dan ga pake gula buatan, fresh.

      Delete
  3. jajanannya seru amaaat ituuuu?? kamu nyoba semuanyaaa?? Akau mau takoyaki ganteng x)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku cuma beli takoyaki ganteng dua kali ahahahahahahaha eh sama si sweet potatonya, yang lain gue ga tau ada babinya atau engga soalee :P

      Delete
  4. Subhanallah Apik bener ya mba :O Kapan ya saya bisa main2 kesana :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya allah bisa, aku juga mimpii duluuu hehehehe eh kesampean juga lohh

      Delete
  5. Great culture ya.. Semoga saya bisa main kesana juga nanti. :) Nice trave mba..

    ReplyDelete
  6. Cakep banged pemandangannya, ditambah cemilannya yang khas itu. wah jadi kepengen :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, kata temenku dari kuil paling atas itu bisa keliatan gedung-gedung di Kyoto CBDnya

      Delete
  7. Mungkin aku harus coba makanannya.. hehe

    ReplyDelete
  8. Jepang emang ajib, harus masuk agenda liburan tahun depan ini mah.

    ReplyDelete

Thank you for leaving a comment :)