Bali Food Adventure Part 1

by - 10:25 PM

Ada yang bilang Bali itu GOD's Island alias Pulau Dewata dan ada juga yang bilang Bali itu surganya dunia, kalo buat saya sih Bali itu surganya makanan, terbukti meskipun cuma 4 hari 3 malam di Bali, Saya dan Sharon sukses berburu tempat makan seru dan beberapa tempat makan atau minum coffee yang lagi hittsss di Bali, check it out! our Food Adventure in Bali bagian pertama:

1. Warung Italia
photo credit Sharon's Instagram

Setelah sukses jalan kaki sekitar 2 jam-an muter-muter dari Kuta ke Seminyak, perut udah lapar ga karuan dan pikiran juga sudah mulai ngaco ga karuan, makanya begitu melihat plang nama restoran ini dari pinggir jalan, saya langsung refleks nunjuk dan mutusin untuk makan siang di sini (padahal awalnya juga belum tau ada menu makanan apa aja, well dari namanya udah pasti menyajikan makanan khas Italia yah). Meski perut udah laper banget, tapi pas celingukan melihat porsi menu yang disajikan di resto ini sepertinya jumbo size, jadinya kami memutuskan hanya untuk memesan satu loyang medium pizza saja, karena ternyata meskipun pizzanya tipis, delapan slice pizza ini pun kami habiskan dengan susah payah hahahahah.Warung Italia ini berlokasi di Jalan Kunti 1, atau tidak jauh dari Made's Warung di daerah Seminyak
Ada kejadian menegangkan saat kami makan siang di sini, tepat ketika saya sedang menelepon tiba-tiba stop kontak yang berada lurus di depan saya terjadi konslet dan mengeluarkan percikan api dan sempat terbakar cukup besar, herannya ga ada staff yang sadar sampai saya teriak-teriak nunjuk-nunjuk ke lokasi. Duh saya jadi deg-degan sesaat loh, dan seketika listrik di resto tersebut padam, beruntung kami sudah selesai makan dan bergegas meminta bill. 

2. Lello-Lello Gelato
Nona Sharon dengan gelato-gelatonya

Ini salah satu gerai gelato yang lagi hits banget dikalangan foodies di daerah Bali (setelah gelato gusto), sebelumnya hampir putus asa cari tempat ini, walapun akhirnya sampai juga ke gerai gelato yang letaknya persis di depan Samaya ini. Abis icip-icip gratis beberapa rasa, akhirnya saya memilih menu "Snoop Dog" dan Sharon memilih "Almond". Rasa cokelat di Snoop Dog beneran enakk dan refreshing di cuaca panaassnya Bali, well tapi terlalu manis buat saya yang udah terlanjur manis. Buat yang ga suka rasa cokelat dan susu, ada juga rasa-rasa buah yang ga kalah segar seperti Lemon. Mangga, Raspberry dan Lime. Harga satu scoopnya 25++ (plus pajak maksudnya). Tidak cuma gelato loh, di tempat ini juga ada menu dessert lain dan minuman segar lainnya.

3. Cuca
Top (left to right): Baked Scallop, Cuban Corn, Crispy Fried Chicken, Meat & potatoes
Bottom (left to right): Strawberry Cloud Cake, Bali Breakfast, Rosella Infusion, Sun-Gria Cocktail

Nah buat yang mau coba makanan ringan ala Spanyol alias Tapas, Cuca adalah tempat yang paling pas. Semua menu yang kami icip benar-benar unik dan rasanya baru pertama kali saya coba menu-menu semacam ini. Lokasinya terbilang agak tersembunyi, tapi benar-benar worth to try loh. Dessertnya juga super unik, terutama menu Bali Breakfast, saat penyajian makanan penutup ini selintas terlihat seperti sunny side up, ihhh tapii ternyata itu cuma ilusi mata aja. Yang semula saya kira kuning telur itu ternyata semacam pasta mangga yang segar banget dan yang awalnya saya pikir putih telur ternyata whipped coconut, ga cukup sampai disitu saja ada satu hal lagi yang tambah bikin menarik, ternyata persis di bawah sweet runny mangonya ada frozen passion fruit (aaahhh menyenangkan banget deh makan siang saya waktu itu, mau balik lagi rasanyaaa). Untuk ulasan lengkap Cuca bisa dibaca di sini.  

4. Monsieur Spoon

Awalnya mampir ke cafe dan toko kue kecil ini ngga pernah ada dijadwal kami. Namun begitu turun dari kura-kura bus di Seminyak Square dan jalan kaki sedikit ternyata langsung ketemu tempat croissant yang konon katanya terenak se-Bali ini, eh bodohnya di sini kami malahan ga sempat icip croissantnya hahahahahah. Waktu itu kami pesan tiga kue dalam ukuran mini, chocolate tartlet, salted caramel tartlet dan Royal Spoon (Crispy Hazelnut feuilletine lapis dark chocolate, dacquoise biscuit glazed dengan belgian chocolate). Saya sih suka dengan chocolate tarlet dan Royal spoonnya, sedangkan salted caramel tarletnya terlalu manis dan malah membuat eneg buat saya. Next time mampir ke sini, janji deh mau icip croissantnya.

5. Made's Warung

Mampir ke restoran yang sudah buka puluhan tahun ini juga awalnya tidak disengaja, saat lagi celingukan mau cari restoran yang menawarkan menu khas lokal tiba-tiba pas banget lewat di depan resto ini. Made's Warung yang ada di Kuta ternyata sejalan dengan arah pulang ke hotel. Bli (sebutan untuk laki-laki dalam bahasa Bali) yang melayani kami juga baikkk banget, dari mulai menjelaskan dengan ramah makanan yang ada di menu, hingga dengan baiknya mengganti menu gado-gado saya. Gado-gado yang saya pesan tidak pedas, namun yang diberikan ke saya sangat pedas, Bli ini dengan ramah langsung mengangkat kembali gado-gado dari meja saya dan menggantinya dengan gado-gado baru dan tidak pedas. Suasana makanan di sini sih ala rumahan, jadi suasananya juga rumahan alias homy banget. *uhuk* dan yang bikin malam itu agak spesial karena di depan saya ada cowok ganteng sih *ketimpa pohon kelapa*. Selain ada di daerah Kuta, Made's Warung juga ada di Seminyak.

Wait, Food Adventure di Balinya ga cuma sampai sini aja loh, ditunggu part 2 nya yahh

Kalo kalian punya Restoran favorite di Bali ga?

Bali Food Adventure Part 2

You May Also Like

13 comments

  1. Ah jadi kangen bali ... flapjack juga enak buat nemenin sarapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahhh iyaaa, kemarin ga jadi mau mampir flapjack, gara-gara kemaleman, hahah kayaknya kurang nampol kalo Flapjack doangan kak

      Delete
  2. kalo di bali makannya di pasar kak :D

    tapi liat foto ini jadi ngiler :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. wihh aku mau dong diajakin makan di Pasar, suka ga ngerti tpt makan enak kalo sendirian ke pasar :((
      kapan2 diajakin main ke pasar yaah kak

      Delete
  3. pizza-nya tempting bangeeeeet
    aku kalo ke Bali cuma makan nasi pedas, lain kali mau kesini aahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ga berani nyobain nasi pedas bu Andika dong masa :((
      aku cupu kak, pedes dikit langsung buang-buang airr

      Delete
  4. Pernah sekali nyobain Mykonos Di seminyak... Enak deh! Dan karena greek cuisine masih jarang jadi berkesan sekali makan disana :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aku tau Mykonos, yang di sebrangnya ada gang buat ke revolver espresso kan? hihihi waktu itu bingung mau makan siang di mana, mau nyobain Mykonos, The Library, ehh akhirnya nyangkut di Meja - kitchen&Bar

      Delete
  5. Kalo buat saya, pizza terenak di Bali itu ada di Jalan Petitenget, nggak jauh dari Seminyak Square. Nama restorannya La Baracca. Yang punya dua orang Italia. Burger terenak ada dua: di Canteen (itu di Jalan Raya Batubolong, Canggu) sama di Black House Burgers (di Tuban). Monsieur Spoon saya belom pernah coba, tapi jadi pengen mampir....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Elia
      huwaaa Elia banyak banget rekomendasinya, I wish I knew it earlier :(( aku catet aah buat next time ke Bali lagi thank you yesss

      Itu aku tau dari anak2 foodies Bali juga, katanya croissantnya Monsieur Spoon enyaakk

      Delete
  6. cuban corn di Cucanya pengeeeennnn ^O^... Jarang ke Bali mei...kalo ksanapun ga prnh lama ;p... jd jrg kuliner di sana..tp useful bgt nih info, bisa aku jdiin reference klo tiba2 pgn ksana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. duhh list tempat makannya masih banyaak lagi kak sebenernya mwahahhahahaha
      ini cuma sanggup ke sini dulu, ayoo kalo ke Bali bikin list food adventure juga

      Delete
  7. Peluang bagus untuk pengusaha kuliner yang ingin mengembangkan brandnya. Kini ada Greenpack yang siap membantu anda. Dengan menggunakan Greenpack anda dapat mendapatkan layanan spesial yakni layanan cetak gratis desain brand anda. Mau tahu lebih lanjut? Klik di sini http://www.greenpack.co.id

    ReplyDelete

Thank you for leaving a comment :)