Cafe & Restaurant Hopping in Yogyakarta

by - 8:32 PM

Bukan cuma Jakarta dan Bandung aja yang lagi kebanjiran restoran dan cafe tempat nongkrong seru, Yogyakarta juga ngga mau ketinggalan. Saat ini Yogya atau Jogja (nah bingung kan mau sebut yang mana) juga punya banyak banget restoran/cafe menarik untuk santap siang atau malam, sekadar hang out bareng teman, hingga mengerjakan tugas.

Kebetulan akhir Januari lalu saya sempat mampir ke Jogja dan berhasil mengunjungi beberapa tempat seru yang saat ini sedang "hits" dikalangan foodies Jogja. Wah, saya juga ga mau ketinggalan dong, jadi selain wisata kuliner dibeberapa tempat makan yang menyajikan makanan lokal yang super enak kayak Gudeg Pawon, Raminten dan beberapa vendor lain, saya menyempatkan juga cafe dan restaurant hopping di beberapa tempat berikut, semoga menginspirasi buat teman-teman yang mencari tempat ngumpul seru. 

1. Lokal

Location : Jalan Jembatan Merah No 104C, Jogjakarta



Mampir ke restoran ini sebenarnya sudah saya rencanakan sejak lama, saat pertama kali tahu ada hotel dengan nama serupa yang memang merupakan bagian dari tempat ini. Restoran ini mempunyai kesan luas dan pernak-pernik yang unik. Mulai dari wall artnya, ubin, hingga bentuk lampu-lampunya. Menu makanannya juga beragam, dari makanan Indonesia, makanan Jepang hingga Western. Next time kalo kalian mampir ke sini coba pesan menu Nasi goreng sambal roanya deh, selain nasiknya yang enak sate ayam yang jadi menu pendampingnya juga enakk banget *coba ada menu sate ayam terpisah*.

2. Mediterranea

Location : Jalan Tirtodipuran No. 24A



Nah yang satu ini boleh saya bilang tempat makan sekelas fine dining dengan gaya casual. Menu-menu yang ditawarkan di restoran ini beragam dan kalo pake bahasa saya sih disajikan di piring dengan tampilan ala-ala masterchef. Coba deh liat gambar-gambar menu di website mereka, wuihh catik-catik banget penyajiannya. Jika dibandingkan dengan restoran lain yang saya kunjungi, untuk harga memang bisa dibilang lebih mahal, tapi rasanya sangat sebanding. Selain warga lokal, restoran ini juga sering dibanjiri wisatawan asing loh. Menu yang saya pesan saat itu adalah Duck Breast Tradition dan Duck Confit Traditional, masing-masing menu tersebut memiliki side dish yang gileee enak banget. Ada Potato Gratin untuk Duck Confitnya dan ada Risotto untuk Duck Breastnya. Ketika postingan ini saya tulis, saya ga berhenti menelan ludah saking kepengen makan di sini lagi.

3. Lawas 613 Cafe

Location : Jalan Prawirotaman 2 no 613


Cafe dua lantai ini terletak bersebelahan dengan hotel Adhistana. Interiornya menarik dan penuh dengan wall art keren. Aksen jendela-jendela yang tertempel di dinding sebelah dalam bagian atas cafe ini juga unik, well somehow it reminds me of potato head in Bali (ihh kayak yang udah pernaha aja deh :))). Saya sendiri cuma sempat memesan minum karena baru saja bersantap malam di Mediterranea. Lucunya, waktu saya di sini semua pengunjung yang duduk berdekatan dengan meja saya, semuanya sedang sibuk dengan gadgetnya masing-masing. Di depan saya sedang sibuk merekam dengan GoPronya, sebelah kanan sedang sibuk selfie dengan tongsis, dan sebelah serong kanan depan sedang sibuk ganti-gantian foto dengan menu yang mereka makan. Kalo saya? saya sibuk motoin mural kece di dindingnya. Satu lagi hal yang menarik, dihari tertentu, cafe ini memiliki promo diskon sesuai usia loh, cuma tinggal tunjukin KTP aja, ihh bisa aja eyang mampir ke sini nih.

4. Tickles

Location : Jalan Kenari No 4, Depok, Sleman, Yogyakarta



Bergerak lebih ke utara, kali ini saya berhasil menyambangi salah satu restaurant yang baru aja merayakan ulang tahun pertamanya. Tampak luar restaurant ini biasa banget, tapi tunggu sampai kamu masuk ke dalam. You gonna be wowed with the interior, it has a lot of British stuffs, well I called it British Invasion (in a good way). Tempat makannya sendiri dibagi kedalam tiga ruangan terpisah dengan tema yang berbeda. Ada dua area indoor dan satu semi outdoor yang juga smoking area. Kalo nggak salah, setiap weekend mereka sering mengadakan acara musik di areal outdoor.  

You May Also Like

26 comments

  1. Right! Jogja sedang digempur dengan cafe, mal, dan kondotel. Aku malah belum pernah ke cafe-cafe itu, lha kalo di Jogja biasa makan di rumah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi ini juga thanks to Kak Firsta, banyak ditemenin muter-muter selama di Jogja :3

      Delete
  2. waaah jadi pengen makan dan nongkrong di Jogja
    terkahir ke jogja pas kuliah dulu dah lamaaaaaa bgt hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo direncanakan cafe hopping di Jogja hihihihihi :)

      Delete
  3. Sayangnya aku jrg nginep kalo ke Jogja, selalu balik ke Solo lagi. Tapi ini jd alasan untuk nginep barang sehari biar bisa explore makanan2 barunyaa ^o^ . Mirip Solo yg kulinernya makin lama makin banyak, tp sepertinya kalo Solo cndrung menu2 lokal. Di Jogja ini kyknya lbh beragam yaa

    Tx Infonya Mei...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahh iyaa tuh kak, Solo juga banyak cafe kece katanya. Temen2 aku yang tinggal di Solo udah nyetanin disuruh ke sana *ngesot ke Solo*

      Delete
  4. Yes! Saya selama ini cuma mbulet di Malioboro saja hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, sekarang kafe atau tempat hang out di Jogja jadi banyak banget yah, kemarin sampe bingung mau pilih yang mana

      Delete
  5. semakin menyesal kemarin di Lokal gak makan nasi goreng Roa :((((

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahhahahaha itu sate ayamnya enaaakkk, yang dipesen sama kak Firsta sih pedes, tapi bisa reques ga terlalu pedes kata mbanya.
      eh iyaa, kamu kan sempet nginep di sini, aaaah aku kepengen tidur yang di atas ituuuu.

      Delete
  6. Jogja mulai bergeliat dan bisa2 bakal mirip bandung yang selalu saja ada yg baru :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah makkinn ruamee, seru sih tapi semoga ga jadi bikin macet *ngeliatin macet di depan rumah*

      Delete
  7. Wajib banget dicatet nih, soalnya kalo ke Yogya seringnya hati tertambat ke Madam Tan aja. Jadi jarang mampir ke yang lain-lain. Next time mesti buktiin rekomendasi kamu ini deh, Mei. Tengkiesss .. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihihihi iyaah :3 aku malahan pengen ke Madam Tan :D
      nanti ke Yogya mauu muter2 lagi ahh

      Delete
  8. Bagi pemiliik rumah makan yang ingin melakukan promosi terhadap restonya dapat menggunakan Tray makanan Greenpack, Gratis cetak pada bagian atas box.

    ReplyDelete
  9. waaah jadi pengen makan dan nongkrong di Jogja
    terkahir ke jogja pas kuliah dulu dah lamaaaaaa bgt hehe

    ReplyDelete
  10. menang desain tempat nya ya kyak nya ya gan , menu nya sama :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheh iyahh kak, eh menu boleh aja sama kak, tapi kalo suasananya beda tetep lebih seru :P

      Delete
  11. wah kayaknya enak tuh , telor ceplok :o

    ReplyDelete
  12. Wuih jogja keren banget :o saingan nya kota batu nih :D

    ReplyDelete
  13. Wuih jogja keren banget :o saingan nya kota batu nih :D

    ReplyDelete
  14. Kayanya tempatnya premium banget ya? Jadi pengen main kesana. :)

    ReplyDelete
  15. It’s an remarkable piece of writing in favor of all the web viewers; they will take advantage from it I am sure. Bye
    Regard from young entrepreneurs
    Tangki Fiberglass
    Jual Septic Tank

    ReplyDelete
  16. Ternyata di Jogja banyak terdapat cafe dan restoran yang menarik

    ReplyDelete

Thank you for leaving a comment :)