Penang, Home for Postcard Lover

by - 2:42 PM


Pernah ga kalian menemukan sebuah toko di Jakarta atau sekitarnya yang benar-benar hanya berjualan Postcard a.k.a Kartu pos ?

Saya sendiri jika di Jakarta lebih sering order online Kartu Pos di PATW atau di Posnesia karena mereka benar-benar menjual berbagai desain Kartu pos yang unik. Untuk Toko sendiri, saya biasanya mampir ke Periplus atau Kinokuniya, ya tapi itupun desainnya masih sangat terbatas. Hal ini yang membuat saya senang bukan kepalang ketika mengunjungi Penang, Malaysia beberapa waktu yang lalu. Ketika berkeliling di Georgetown yang saat ini berpredikat sebagai kota warisan UNESCO, saya sedikit terkejut karena tidak sedikit menemukan toko yang memang berdedikasi untuk berjualan kartupos.

  
1. Postcard Shop

Postcard Shop ini saya tidak sengaja saya temukan saat sedang asik sightseeing menggunakan bus Penang HOHO, jadi waktu itu sebelum memutuskan akan turun di bus stop mana, saya terlebih dahulu ikut satu putaran penuh "City Route" Bus Penang HOHO. Postcard Shop berlokasi di Gat Lebuh Chulia, tidak jauh dari peremempatan Lebuh Pantai yang terdapat sebuah bangunan merah putih tempat pemadam kebakaran, dan berada persis di sebrang THE PRESS.


Lalu ada apa aja di toko ini?

Selain kartupos yang berisi foto-foto beberapa sudut di Georgetown ada juga beberapa set kartupos sketsa gedung-gedung dan beberapa tempat terkenal di kota tersebut. Selain itu juga banyak kartu pos kartu hasil desainer lokal. Ga itu aja, mereka juga ternyata mempunyai jasa penyetakan kartu pos hasil dari foto-foto atau desain kita sendiri, loh! cukup kirim email gambar yang kita mau, bayar dan voila, langsung deh jadi kartu pos pilihan kita sendiri.


Satu lagi yang menyenangkan, ternyata Mba penjaga toko ini orang Indonesia loh, saya yang selalu membiasakan diri menggunakan bahasa inggris untuk berkomunikasi dengan orang lokal, ternyata menarik perhatian si Mba dan kemudian bertanya, 
"Dari Indonesia yah?" 
"Eh? iya mba, heheh saya dari Jakarta"
"dari tadi mau nanya tapi ga enak soalnya mbanya pake bahasa Inggris terus"
"hahahahah, terus ngehnya dari mana?"
"itu tadi pas ngomong sendiri, ngomongnya pake Bahasa Indonesia"

Yapp, hal ini juga yang sering membuat saya dikenali sebagai orang Indonesia dibeberapa kota lain di negara-negara ASEAN heheheheh. Kalo lagi bingung milih-milih barang, saya pasti bergumam pake bahasa Indonesia, ujung-ujungnya jadi ada yang berani nyapa deh :D.

 Credit to Jennifer from www.sillyepiphany.com
2. Paper Pepper

Lain Postcard Shop, lain lagi Paper Pepper. Jika sebelumnya Postcard Shop adalah sebuah toko yang hanya berjualan benda-benda pos, di Paper Pepper selain berjualan kartu pos lucu hasil desain para desainer lokal, tempat ini juga merupakan sebuah cafe.

Cute Mailbox hanging on the wall
Credit to Jennifer from www.sillyepiphany.com

Credit to Jennifer from www.sillyepiphany.com

Lagi-lagi saya menemukan cafe ini tanpa disengaja, sore itu ketika hendak berencana turun dari Penang HOHO di Chowrasta market, bus berhenti di Jalan Masjid Kapitan Keling karena ada kemacetan. Saat menengok ke sebelah kanan, "eh ada Paper Pepper? lucu banget nama tokonya" pikir saya saat itu, ternyata banner di bawah nama toko tersebut makin membuat saya penasaran, tertulis "Postcard & Cafe", waduh ternyata ada tempat nongkrong seru di sini yang juga jualan postcard-postcard lucu.

Ngga cuma jualan aja, saat saya cek di beberapa blog, ternyata pemilik restoran juga dengan baiknya mau loh ngepost-in kartu-kartu tersebut, bahkan untuk tanggal tertentu yang diminta pengunjung, tapi untuk pengiriman di tanggal tertentu tentunya ada biaya tambahan. Sambil sibuk milih-milih kartu atau menulis kartu pos, bisa juga deh sambil ngemil dan minum cantik di sini.

Credit to Jennifer from www.sillyepiphany.com

What a cute postcard, well captured by Jennifer
Credit to Jennifer from www.sillyepiphany.com

Saya sih belum pernah mampir ke cafenya secara langsung, karena saat itu sudah terlalu sore, dan saat keesokan paginya mampir lagi, ternyata Cafe ini baru buka pukul 3 sore. Yah, mau tidak mau saya harus kecewa karena tidak dapat mampir lagi ke tempat ini. But thanks GOD, saya menemukan food blog keren yang kebetulan pernah mengulas tentang tempat tersebut, yup cuma lihat dari gambar-gambar yang diambilnya saja, saya yakin bisa betah berjam-jam berada di cafe tersebut. What a colorful and cozy cafe.

Jadi kapan kita ke Penang lagi?


Thank you Jennifer for lending me her great photos during her visit to the cafe, if you really want to know more about the cafe, you should visit her writing about Paper and Pepper Cafe in Penang

You May Also Like

30 comments

  1. Postcardnya lucu - lucuu :3 kemarin ke penang waktunya sebentar bangettt! Cuma sempet ke cat cafe doang euy~ itu juga kucingnya lagi banyak yang cuti... Jadi kurang bisa eksplore banyak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya yaa, waktu itu soalnya jadwalnya Fahmi juga kan agak tight kan,
      gpp jadi ada alasan buat balik lagi ke Penang mii :D

      Delete
  2. Ntar deh mampir ke sana kalo ada kesempatan jalan2 ke Penang... Baru kepikiran juga sih ingin mengoleksi postcard2 dari tempat/negara2 yang pernah disinggahi... mksh ya infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iyah, ngoleksi postcard sekalian perangkonya :3
      ada lagi kak di Love Lane, atasnya hostel bawahnya tempat jual postcard juga, duh tapi lupaaa :((
      googlingpun ga nemu :((

      Delete
  3. Kalau toko yang spesialisasi nya kartu pos doang aku sering lihat, tp yang konsep nya ada cafe jg baru lihat kali in, seru juga ya :)


    Pantai Tarimbang - Pantai Indah di Sumba Timur

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, trus ternyata cafenya perlu barang-barang lucu sama wall art warna-warni, makanannya juga platingnya lucu2

      Delete
  4. wah seru banget yah kayaknya seru foto" di tempat itu yah.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah tempatnya "beda" :) yg di Paper Pepper wall artnya juga lucu-lucu banget

      Delete
  5. Wih postcardnya keren-keren banget. Saya sih kurang begitu suka sama postcard, tapi ngeiat desain yang lucu-lucu gitu, jadi ngiler juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, aku juga lebih suka kartupos desain kartun yang lucu2 ketimbang pemandangan

      Delete
  6. wah, mungkin krn aku jg bisa dibilang ga koleksi kartupos, jd tempat2 bgini ga prnh ngeh selama tinggal di sana dulu ;p tp keren tuh kalo dr foto kita bisa dibikinin kartu pos ya mei... lbh personal jdnya...

    btw , kamu wkt itu bilang lwt DM mw krm kartupos k aku, jd ga mei? soalnya ampe skr g ada kartupos yg diterima di rumah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bwahhahaha I really want to tell you something kak :)) nanti aku DM deh :3

      tapi di Penang emang ternyata banyak toko kayak gini, aku sukkaaa <3

      Delete
  7. jadi inget waktu kecil suka koleksi prangko.
    bahkan sampai tahun 2000-an masih suka beli "Perangko Hari Pertama" di kantor pos :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihhh seru banget kak, aku juga filatelis lohh :)) rata-rata koleksi perangko aku lungsuran dari om-tante atau kakek-nenek :)

      Delete
  8. Pengsaaan liat toko-tokonya yang unyuu...mauuu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihihih, aku juga gemess banget :3
      di Penang banyak toko kayak gini *jadi pengen balik*

      Delete
  9. Aku mauuuu donk tuker2an kartu pos hihihii... pasti koleksimu lucu2 nih mba :)
    Asyik ya klo ada surga kartu pos macam gitu. Aku seringnya juga beli online di temen2 nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. asikkk :3 nanti kalo aku ada trip, aku email ke mba Uniek buat minta alamatnya yaahh
      kita tukeran kartupos :D

      aku biasa beli di Haloposnesia di Instagram :3
      ada temen juga sih yg biasa desain kartupos

      Delete
  10. iihhh lucu banget, kemaren kok gak nemu ya toko2 iniii
    yuukk ke Penang lagi, aku mauuuuk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo kita kemonnn ke Penang :D tahun depan deh ya dit, atau tunggu pindah kantor dulu ahhahahah #edisiKeabisanCuti

      Delete
  11. Kartu posnya lucu-lucu banget, Mbak.. Ada keluaran Sanrio ngga yah? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang di sini kayaknya sih ga ada yg sanrio deh kayaknya
      rata-rata kartun buatan desainer lokal,, tapi unyu-unyu sih

      Delete
  12. Replies
    1. ahh iya benerrr :) surgaa banget *kipas kipas postcard, sambil nyeruput kopi*

      Delete
  13. baru tau nih, ok deh kalo ke penang lagi coba mampir kesini

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihih aku juga pengeenn banget balik lagi lohh

      Delete
  14. Sebagai anak Postcrosser saya merasa gagal. Pas ke Penang kemarin lihat si Poscard Shop itu pas mau ke Penang Peranakan Museum, tapi saking udah ga kuat kepanasan, pas pulangnya mau mampir, trus lupa.... :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iyaa, yg Pepper Paper deket yaah sama Museum Peranakan, aku kemarin ga ngeh, mampir ke blue mansion aja ga sempeett

      Delete

Thank you for leaving a comment :)