Kembali ke Malang - Restaurant Hopping (Part 1)

by - 10:58 AM


Saya dan Malang sepertinya punya cerita pertemanan sendiri, back then sebelum tahun 1999 mungkin hampir setiap tahunnya pasti mampir ke Malang untuk mengunjungi Yuyut (panggilan saya untuk Ibunya Eyang Kakung) yang memang bertempat tinggal dan asli orang Malang. Bukan suatu liburan yang mewah, kami biasanya roadtrip dari Jakarta hingga ke Malang, sesekali mampir ke Surabaya dulu untuk mengunjungi Tante yang ditanggal di sana. Menginap di rumah yuyut yang sederhana dan dengan segala sesuatu yang bisa dibilang seadanya. Ya, yuyut saya tidak ingin ada yang berubah dari rumahnya. Aktiftas di sana juga biasanya juga hanya bermain dengan anak-anak kecil yang tinggal di sekitaran rumah, sesekali mengajak orang rumah di sana untuk berwisata ke Selecta atau Agrowisata Apel. 

Malang re-visit trip kali ini saya banyak mengunjungi beberapa tempat yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya (karena memang sebagian besar tempat baru) dari mulai Museum hingga tempat makan seru. Untuk bagian 1 atau part 1, saya akan membagi cerita tentang tempat-tempat makan yang saya kunjungi di trip "kembali ke Malang" tahun lalu.

Hold your breath first, karena ini akan jadi list panjang dan pastikan kamu juga sudah makan yah (resiko lapar setelah lihat banyak foto makan di bawah ini diluar tanggunga jawab saya, hahahahah)



Makan dengan suasana tradisional? di sini salah satu tempatnya, restoran ini berada di dalam wilayah kota Araya dan buka dari jam makan siang hingga makan malam. Makanan yang disajikan adalah makanan Indonesia dengan beberapa menu yang khas Jawa timuran. Bukan hanya makanan dengan penyajiannya saja yang menarik, tapi tempat makannya juga menarik banget, saat itu saya dan teman-teman memilih untuk menyantap makan siang di gubug yang berlokasi di sebelah kebun dan sawah serta dekat dengan aliran sungai, aihh seru banget kan. Ada juga beberapa konsep tradisional lain seperti pawon (dapur) tradisional Jawa dimana benar-benar ada semua alat-alat dapur hingga bumbu-bumbu masaknya loh.

2. Es Kimo


Kalo biasanya beberapa pengunjung yang mampir ke Malang icip-icip es krim di toko Oen, tidak kali ini. Saya diajak teman untuk mampir ke kedai es krim rumahan yang bernama Es Kimo, Home made Ice cream ini juga usianya udah lama banget dan dengan harga yang ramah di kantong, setiap harinya kedai ini selalu ramai pengunjung, terutama para pelajar. Pilihan menu disini sepintas mengingatkan saya dengan kedai es krim home made di Jakarta, yaitu Ragusa. Yang menyenangkan lagi, di sini tidak hanya menjual es krim, Es Kimo juga menawarkan kue-kue, pastry, minuman blended hingga kentang carbonara yang rasanya masih berasa di lidah sampe esok harinya saking enaknya :). *mangaap minta disuapin kentang*

3. Resto Inggil


Aha! nyari tempat makan tradisional dengan interior dan makanan yang juga tradisional dan full of Indonesian heritage? ditambah ada pertunjukan seru di malam harinya? well, jawabannya pasti Resto Inggil. Waktu mampir makan malam di sini, pas banget sedang ada pertunjukan tari tradisional. Barang-barang kuno yang dipajang juga keren loh, mulai dari alat batik, topeng, mesin jahit kuno, wayang dan ada juga logo-logo rokok pabrik rumahan. Belum puas jika hanya makan? di depan Restoran ini juga ada toko souvenir, pas banget buat yang nyari oleh-oleh buat keluarga di rumah.

4. Hot Cui Mie


Oke, ketika mulai bosan dengan makan tradisional, Ci Debby mengajak saya mampir ke kedai mie ini. Bertempat di sebuah ruko, tempat makan ini juga ramaaai banget pengunjungnya. Kalo dengar kata Malang, selain Bakwan Malang hal lain yang terlintas di kepala saya adalah Cui Mie Malang atau ada juga yang menyebutnya Cwie Mie Malang. Menu di sini juga lucu, ada Hot dan No Hot Cui Mie, alias pedas dan tidak pedas, cuma perkara ditambahin saos sambel gitu sih kayaknya. Ahh ternyata bener mienya emang enaaaakkk :3 thank you ci Debby rekomendasinya. 

5. Alice Tea Room


Ada lagi tempat cemil dan makan cantik di kota Malang, interior dan eskteriornya dipenuhi warn-warna pastel dan shabby chic banget. Namun perlu diingat di Alice Tea Room ini tidak diperbolehkan mengambil foto menggunakan DSLR, atau bisa dikenakan denda loh, hehehehe. Waktu mampir ke sini belum sempat coba makanan utamanya, cuma sempat cemil-cemil dan pesan minuman aja. Mereka juga punya afternoon tea set loh, ga tanggung tanggung

Masih ada beberapa restaurant hasil hunting trip ke Malang beberapa saat yang lalu, tungguin part 2 nya yaaah :D

Kembali ke Malang - Restaurant Hopping (Part 2)

You May Also Like

38 comments

  1. Replies
    1. *pukupuk Agita* *sodorin keripik tempe*

      tinggal itu aja cemilan di rumah aku heheheheh

      Delete
  2. Jeng... jeng.... lima tahun kuliah di malang baru ngerti ada resto - resto ini. Apa memang baru ya? Tempatnya unik - unik pula :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. beberapa mungkin baru sih mii, tapi Resto taman Indie, Resto Inggil sama es Kimo sih kayaknya udah belasan tahun yah hehehehe

      Delete
  3. Malang selalu menarik. View-nya oke, destinasinya unik, makanannya enak. Aaakkk. Ajak aku kalo pas kesana lagi, Mei.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga mau lagi kak, masih belum tuntas, gileeee coffee shop di sana lagi menjamur bangettt, interiornya juga kece-kece, musti seminggu kayaknya aku ahhahahah

      Delete
  4. Tempat minum tehnya bagus banget ya disainnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iyahh, centil banget yahh warnanya, di langit-langitnya ada kayak kertas buat teh party gitu, yang bentuknya kayak kipas-kipasan sama banyak bunga heheheh Shabby chic banget

      Delete
  5. Replies
    1. iyah hihihi, warnanya kalem banget, aku penasaran sama menu makanannya sih sebenernya, ada beberapa yg bilang so so soalnya, jadi penasaran :p

      Delete
  6. Aaaaak.. Pengen cobak Es Kimo :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo Beby, beli es krim Es Kimo kalo ke Malang, pilihan rasanya banyakkk, aku sukaa :3
      tradisional banget

      Delete
  7. terima kasih telah berbagi info....
    salam kenal dan salam sukses.....

    ReplyDelete
  8. Okeh faaaaaaainnnnnn langsung tutup browser, aku kan lapaaaaar kaaaaaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. aahahahah rasaakaaan :3 amsih ada lagi lid, makananya lebih menggugah selera lagihh

      Delete
  9. Kyknya hrs balik lg k malang...2013 lalu k malang lumayan kecewa soalnya... ga ada restoran yg bnr2 muasin selera kita..termasuk si es krim oen yg servicenya ancur bgt, rasa so-so harga overpriced -__-.. Restoran2 yg kamu tulis blm aku cobain sih :D...Yg paling menggoda kayaknya Inggil deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, sama cidebpun aku ga disaranin ke Oen lohh, katanya so so, makanya diajak ke Es KIMO, akuuuu bahagiaaa :3

      eitss kak, masih ada lagi loh listnya ahhahahaha

      Delete
  10. Mei, mei ini ke Malang yukk.. trus temenin kesini hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bwhahahahha, gue udah dilarang emak gue buat jalan-jalan dulu, disuruh nabung buat biaya 1 bulan WHV bobb :((

      Delete
  11. pas banget, untung lagi di malang... singgah ah :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. laah? kok aku abru baca komen yg ini sih =,=
      duh maaapin fii :))

      Sudah balik lagi yaa? apa masih di SBY?

      Delete
  12. makasih bos tentang infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  13. bagus sob buat infonya dan salam kenal

    ReplyDelete
  14. mantap bos artikelnya dan sangat menarik

    ReplyDelete
  15. terimakasih gan infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  16. makasih gan buat infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  17. mantap bos buat infonya dan semoga bertambah sukses

    ReplyDelete
  18. keren sob buat infonya dan salam kenal

    ReplyDelete
  19. Mau mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah???

    Modal Kecil bisa mendapatkan hasil yg luar biasa…

    ReplyDelete
  20. Menarik sekali, perlu saya coba ini..
    kebetulan lagi cara tentang hal ini.

    ReplyDelete
  21. ok mantap sob buat infonya dan salam kenal

    ReplyDelete
  22. Menarik sekali, perlu saya coba ini..
    kebetulan lagi cara tentang hal ini.

    ReplyDelete
  23. Mau mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah???

    Modal Kecil bisa mendapatkan hasil yg luar biasa…

    ReplyDelete
  24. Wah ini sih info yang mantapp !!

    ReplyDelete

Thank you for leaving a comment :)